alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari Pertama Buka Layanan, Terjadi Antrean di Samsat Gresik

Ashadi Iksan
Hari Pertama Buka Layanan, Terjadi Antrean di Samsat Gresik
tampak antrean pengunjung di Samsat Gresik saat hari pertama buka layanan usai libur lebaran.Foto/SINDONews/Ashadi Iksan

GRESIK - Terjadi ledakan pengunjung di Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Gresik. Libur panjang Lebaran jadi penyebab menumpuknya layanan kantor di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, tersebut.

Pantauan hari pertama, Senin (10/6/2019) pendaftar meningkat dua kali lipat. Ada yang mengantre di dalam ruang pelayanan utama, ada juga yang mengurus pembayaran pajak di tenda depan yang sudah disediakan. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan.

Membeludaknya warga yang mengurus di Samsat sudah menjadi tradisi tahunan. Mengingat selama libur panjang pelayanan tersebut ditutup. Disamping itu hari ini (kemarin, Red) hari pertama buka.



“Yang pasti membeludak,” kata Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto.

Sejatinya proses pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan diluar kantor pusat (Samsat, Red). Masyarakat bisa melakukan pembayaran melakukan Samsat Payment Point, Samsat Drive Thru dan Samsat Keliling.

Selain itu, kecanggihan teknologi juga telah mendorong sistem pelayanan semakin mudah. Bagaiaman tidak, proses pembayaran bisa dilakukan melalui toko modern.

“Sekarang sudah terkoneksi juga melalui aplikasi android e-smart samsat,” ungkapnya.

Petugas Bappeda Farean Siswanto saat di lokasi mengatakan, proses pembayaran pajak sudah dipisah sesuai dengan kebutuhannya. Jika yang berada di dalam ruangan pelayanan meliputi pembayaran lima tahunan. “Kalau yang di depan khusus pajak juga,” tuturnya.

Dijelaskan, pembayaran pajak yang memasuki jatuh tempo pembayaran di dalam waktu libur panjang ini tidak dikenakan denda sama sekali. Hal itu karena kondisi kantor pelayanan sedang libur.

“Tapi ada juga warga yang membayar melalui toko modern. Karena tidak mau telat membayar,” pungkasnya



(msd)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif