2 Mantan Jurnalis Koran Sindo Jadi Komisioner KPU Kota Pahlawan

Rabu, 12 Juni 2019 - 18:33 WIB
2 Mantan Jurnalis Koran Sindo Jadi Komisioner KPU Kota Pahlawan
Dua mantan jurnalis Koran Sindo, Soeprayitno, dan Subairi terpilih menjadi komisioner KPU Kota Surabaya, periode 2019-2014. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Dua orang mantan wartawan Harian Seputar Indonesia (SINDO) terpilih menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya untuk periode 2019-2024.

Mereka adalah Subairi, dan Soeprayitno. Subairi saat ini bertugas menjadi staf di KPU Jatim. Sedangkan Soeprayitno menjadi wartawan di salah satu harian lokal di Jatim.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 1052/PP.06-Kept/05/KPU/VI/2019 tanggal 11 Juni 2019 Tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/kota Provinsi Jatim Periode 2019-2024, terpilih 10 komisioner KPU Kota Surabaya.

Adapun lima komisioner KPU Kota Surabaya yang akan dilantik yakni Muhammad Kholid, Nafila Astri, Nur Syamsi, Subairi, dan Soeprayitno. Sementara lima lainnya dijadikan cadangan.

"Kelima komisioner terpilih nomor urut 1-5 akan dilantik besok (Kamis,13/6/2019) di Hotel JW Marriot," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Rabu (12/6/2019)/.

Komisioner KPU Kota Surabaya terpilih Soeprayitno mengatakan, sebagai insan media, diri sadar bahwa media adalah salah satu pilar demokrasi. Selama menekuni profesi sebagai jurnalis, komunikasi dengan lintas partai menjadi keniscayaan.

"Terutama kader atau perwakilan lintas parpol yang duduk di lembaga legislatif sebagai representasi rakyat," katanya.

Menurutnya, selama menekuni profesi jurnalis, biasa menyapa mereka melalui berita. Bagi jurnalis, mereka adalah mitra. Ketika menjadi komisioner KPU pun, lanjut dia, komunikasi tetap dikedepankan dengan semua partai, lintas partai.

Marwah, independensi, integritas KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu harus tetap dan terus dikedepankan. "Kedepankan komunikasi juga dengan Gakkumdu dan Bawaslu," imbuhnya.

Sementara itu, mantan wartawan yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwidjono mengucapkan selamat atas terpilihnya dua wartawan menjadi komisioner KPU Kota Surabaya.

Menurutnya, karakter dari jurnalis adalah kritis dan punya daya analisa yang kuat. Dia berharap kinerja KPU Kota Surabaya ke depan lebih baik lagi. "Apalagi tahun depan, 2020, Kota Surabaya, akan menghelat Pilkada yakni memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya," terangnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.1674 seconds (0.1#10.140)