alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diluncurkan Malam Ini, Ini Kemeriahan Blitar Creative Festival 3

Solichan Arif
Diluncurkan Malam Ini, Ini Kemeriahan Blitar Creative Festival 3
Berbagai atraksi kesenian tampil memeriahkan Blitar Creative Festival (BCF) di pelataran Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) makam Bung Karno. Foto/SINDOnews/Solichan Arif

BLITAR - Dalam rangka menyemarakkan bulan Bung Karno yang jatuh setiap bulan Juni, Pemkot Blitar menggelar Blitar Creative Festival (BCF) untuk kali ketiga.

Acara yang melibatkan kelompok ekonomi kreatif, komunitas seni dan budaya Kota Blitar itu diluncurkan di pelataran Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) makam Bung Karno, pada Jumat (14/6/2019) malam.

Tidak hanya dimeriahkan warga Kota Blitar. Sejumlah seniman dari luar daerah juga turut meramaikan acara. Di antaranya kelompok seniman musik dari Makasar, Solo, Kalimantan, Sunda, dan Trenggalek.



Kemudian juga kelompok penari tradisional dari sanggar tari Sanan Kulon, Kabupaten Blitar. "Sejumlah seniman dari luar daerah turut meramaikan BCF yang ketiga kalinya ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman.

Dibuka dengan penampilan irama keroncong dan musik rampak kendang, acara yang dimulai pukul 18.30 WIB itu dihadiri pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Blitar, Santoso sekaligus meresmikan pembukaan acara.

Tidak hanya mengkampanyekan Kota Blitar ke luar. Menurut Tri Iman, BCF bertujuan menumbuhkembangkan ekonomi kreatif masyarakat, khususnya sektor UMKM. Hal itu sesuai dengan misi ketiga RPJMD Kota Blitar, yakni meningkatkan ekonomi kreatif yang berdaya saing.

Karenanya dalam BCF juga tersedia berbagai stan penjualan produk kreatif masyarakat Kota Blitar. Termasuk juga aneka kuliner. Keberadaan stan ini melibatkan 38 pelaku ekonomi di Kota Blitar.

Semuanya mewakili masing masing kelurahan. "Sedikitnya ada 15 stan kuliner dan belasan stan lain," paparnya. Dalam kesempatan itu Tri Iman juga menjelaskan, BCF yang ketiga ini sengaja digelar di bulan Juni. Tidak seperti dua tahun sebelumnya yang rutin berlangsung di bulan Oktober.

Perubahan waktu itu menurut Tri Iman untuk menguatkan peringatan Bulan Bung Karno. "Dan untuk selanjutnya semoga bisa digelar di bulan Juni," katanya. Seperti diketahui, acara BCF ketiga ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni 14-16 Juni 2019.



(eyt)

loading...