Gandeng Bukalapak, Pondok Gontor Dorong Santri Optimalkan Teknologi Digital

Sabtu, 15 Juni 2019 - 21:30 WIB
Gandeng Bukalapak, Pondok Gontor Dorong Santri Optimalkan Teknologi Digital
Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo kembali mengadakan acara tahunan Forbis IKPM Gontor Expo.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo kembali mengadakan acara tahunan Forbis IKPM Gontor Expo. Memasuki tahun ketiga, acara ini dirancang untuk membangun kekuatan ekonomi umat berbasis digital.

Acara yang digelar dari tanggal 13-17 Juni 2019 ini dikemas dalam bentuk pameran produk pengusaha alumni Gontor, business matching hingga workshop digital.

"Pelatihan digital kami fokuskan untuk kegiatan bisnis UMKM. Jadi, kami senang sekali bisa bekerjasama dengan perusahaan rintisan yang didirikan anak bangsa seperti Bukalapak," ungkap Ketua Umum Forum Bisnis IKPM Gontor Agus Maulana, Sabtu (15/6/2019).

Pada acara tersebut, Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky hadir sebagai pembicara, dan tim BukaLapak akan memberikan pelatihan digital untuk fundraising dan praktik bisnis UMKM.

“Keberanian untuk memulai, penetapan tujuan yang jelas, dan jangan pernah cepat merasa puas adalah kunci sukses berjuang membangun bisnis. Menjadikan diri kita bermanfaat bagi banyak orang, juga memacu saya untuk terus maju, walau sempat jatuh bangun memulai semuanya dari nol,” terang Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky pada sesi Inspirational Talks dan Pelatihan Kebangkitan Umat.

Zaky menegaskan kembali misinya untuk membantu kalangan UMKM meningkatkan bisnisnya lewat berbagai fitur. Saat ini, tercatat 65 perse pengguna internet ada di Pulau Jawa. Namun, hanya 6,4 persen UMKM yang baru goes digital. Oleh karena itu, ia meyakini, jumlah UMKM di Jawa Timur yang mencapai lebih dari 6 juta unit dapat terus mengembangkan volume bisnisnya.

“Pelaku UMKM di area Jawa Timur yang terdaftar sebagai pelapak di Bukalapak jumlahnya hampir 700.000 orang. Terbanyak ketiga dari seluruh wilayah di Indonesia. Kami juga rutin berkomunikasi dengan hampir 1.000 orang anggota komunitas aktif. Saya yakin angka ini akan terus bertambah. Sudah saatnya produk UMKM semakin memperluas pasarnya lewat platform jual beli online," jelas Zaky.

Zaky menambahkan, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk membangkitkan kekuatan ekonomi umat. "Kita harus meyakini bahwa jutaan pengusaha digital baru akan tercipta. Ini kesempatan baik bagi kita untuk bergandengan tangan, bersama-sama membangun ekonomi umat," tuturnya.

Salah satu bentuk komitmen membangun ekonomi digital lewat UMKM juga dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dengan Bukalapak. Adapun ruang lingkup dari kerjasama tersebut antara lain pelatihan kewirausahaan digital untuk UMKM Binaan pesantren, pelaku usaha alumni Gontor,

pemasaran produk digital stakeholders pesantren di aplikasi Bukalapak, dan penggunaan teknologi e-ticketing untuk penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan kegiatan amal lainnya. "Ini adalah era kolaborasi. Semakin kita sering bersinergi, insya Allah tujuan kita membangun ekonomi keumatan akan cepat tercapai,” pungkas Agus Maulana.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9480 seconds (0.1#10.140)