Pelindo Integrasikan Sistem Pembayaran Jasa di 4 Terminal Peti Kemas

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB
Pelindo Integrasikan Sistem Pembayaran Jasa di 4 Terminal Peti Kemas
Pelindo Integrasikan Sistem Pembayaran Jasa di 4 Terminal Peti Kemas
A A A
SURABAYA - Empat BUMN operator pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero) mengembangkan Integrated Billing System (IBS) atau sistem pembayaran jasa kepelabuhanan terintegrasi secara nasional.

“Sebelumnya setiap Pelindo memiliki sistem pembayaran sendiri yang berlaku sesuai wilayah kerjanya masing-masing. Kemudian Menteri BUMN memberikan arahan agar keempat Pelindo bersinergi menyusun dan menerapkan sistem pembayaran tarif jasa kepelabuhanan berbasis elektronik (single billing) yang terintegrasi secara nasional,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, Minggu (16/6/2019).

Dia menjelaskan, kini dengan kemajuan teknologi dan jaringan internet telah mampu mengeliminasi keterbatasan pertemuan fisik dan waktu dalam memberikan pelayanan jasa yang prima.

“Standarisasi ini membuat proses bisnis berjalan lebih simple dan terukur. Sehingga dapat tercapai efisiensi yang diharapkan akan berimbas positif untuk menekan biaya logistik nasional,” jelasnya.

Pelindo III, lanjut dia, sudah mengimplementasikan single portal IBS yang memiliki layanan. Yaitu e-registration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care. Semuanya mencakup seluruh tahap layanan yang dibutuhkan pengguna jasa pelabuhan dalam satu portal digital.

Bahkan sejak akhir 2016, IBS Pelindo III telah terintegrasi dengan Inaportnet milik Kementerian Perhubungan untuk wilayah operasi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Setahun kemudian pada 2017 mulai diterapkan di pelabuhan lainnya di wilayah kerja Pelindo III. "Lalu pada tahun 2018 lalu, telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Perdagangan Antarpulau (SIPAP) milik Kementerian Perdagangan," tandasnya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto mengungkapkan, kesiapan sistem teknologi informasi yang dimiliki Pelindo III diharapkan dapat berkontribusi dalam penyiapan The New IBS. Ini akan berlaku pada pelabuhan di wilayah kerja keempat Pelindo.

Para pengguna jasa kepelabuhanan nantinya cukup mengatur kebutuhannya secara online melalui aplikasi dalam telepon genggam dengan 3 layanan utama. "Yaitu e-booking untuk memesan layanan, e-billing untuk mengakses tagihan, dan e-payment untuk membayar secara online," imbuhnya

Pada fase awal dari kerja sama tersebut, masing-masing Pelindo akan menunjuk 1 terminal peti kemas yang akan diintegrasikan, yaitu TPKD Belawan milik Pelindo I, TP 2 Priok milik Pelindo II, TPK Banjarmasin milik Pelindo III, dan TP Tarakan milik Pelindo IV.

“Di tahap awal akan fokus pada segmen peti kemas dengan formulir yang telah terstandarisasi untuk proses receiving dan delivery peti kemas. Nantinya setelah lancar akan terus dikembangkan pada pelabuhan lain dan komoditas kargo lainnya,” ungkapnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4325 seconds (0.1#10.140)