Puspenerbal Siap Jaga Keutuhan dan Kadaulatan Laut Indonesia

Senin, 17 Juni 2019 - 14:30 WIB
Puspenerbal Siap Jaga Keutuhan dan Kadaulatan Laut Indonesia
Aksi Penerbang Angkatan Laut mendukung tugas pasukan khusus TNI AL pada pucak peringatan Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut ke-63, di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Senin (17/6/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SIDOARJO - Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), satuan yang bertugas mendukung operasi angkatan laut, baik operasi tempur, operasi SAR maupun operasi bantuan kemanusiaan, terus meningkatkan kemampuannya menghadapi tantangan.

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, mengatakan puncak peringatan Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut ke-63 ini menjadi momentum untuk terus mengasah kemampuan dalam mendukung setiap kegiatan operasi Angkatan Laut.

"Dimana kebijakan pemimpin Angkatan Laut, juga terus meningkatkan kemampuan dari Puspenerbal itu sendiri untuk bisa menghadapi tantangan kedepan,"katanya usai Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut ke-63, di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Senin (17/6/2019).

Langkah-langkah yang diambil, lanjut dia, salah satunya dengan menvalidasi organisasi Puspenerbal dan terus melaksanakan pengadaan alutsista.

"Sampai dengan saat ini kita terus mengadakan pengadaan,"ujarnya. Langkah tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan kedepan terkait dengan operasi-operasi maupun tugas yang diemban oleh TNI Angkatan Laut.

Peringatan Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut ke-63 kali ini mengangkat tema "Dengan Semangat Militan, Profesional dan Jiwa Patriot, Penerbangan TNI Angkatan Laut Siap Menjaga Keutuhan dan Kadaulatan Wilayah Laut Indonesia".

Usai upacara, pasukan elit TNI AL yakni Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) memperagakan kemampuannya dalam menjalankan tugas dalam waktu singkat.

Dalam aksinya, para prajurit pilihan tersebut didukung oleh Penerbangan TNI Angkatan Laut yang menjalankan enam fungsi diantaranya pengintaian udara taktis, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan pasukan pendarat (Pasrat) lintas helikopter, dukungan logistik cepat dan penagamanan laut.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2590 seconds (0.1#10.140)