Djanur Datang, Lantas Apa Peran Raphael Maitimo?

Rabu, 05 September 2018 - 11:27 WIB
Djanur Datang, Lantas Apa Peran Raphael Maitimo?
Skuad Persebaya Surabaya siap menunggu perintah pelatih barunya Djajang Nurdjaman (Djanur) untuk menghadapi Liga 1 2018 paruh kedua. Foto/SINDOnews/Aan Haryono.
A A A
SURABAYA - Pelatih Persebaya Surabaya Djajang Nurdjaman (Dajnur) sudah mengambil komando latihan punggawa Bajol Ijo. Racikan mautnya layak untuk ditunggu para Bonekmania, termasuk keputusan Djanur dalam memberikan peran penting pada Raphael Maitimo.

Sejak bergabung dengan Persebaya, Maitimo belum banyak memberikan peran di lapangan. Dia langsung berkutat dengan cidera kaki yang mengharuskannya menepi selama sebulan terakhir.

Dengan komposisi yang ada di skuad Persebaya saat ini, Djanur dituntut untuk bisa memaksimalkan gelandang bertenaga kuda itu. Termasuk posisi ideal yang bisa menunjang kinerja tim Bajol Ijo.

Green force tampaknya tak akan keluar dari pakem 4-3-3 yang selama ini menjadi formasi ideal yang dipakai untuk menghabisi lawan-lawannya di lapangan. Kinerja winger Persebaya seperti Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Octavianus Ferinando serta Ferdinand Pahabol menjadikan formasi ini begitu mengigit.

Kecepatan para winger itu melengkapi potongan puzle Persebaya dengan kehadiran David Da Silva di posisi ujung tombak. Tusukan tajam dari sektor sayap dan jenius dalam penyelesaian akhir.

Sementara di sektor tengah, kombinasi Rendi Irwan dan Robertino Pugliara menjadi denyut permainan Bajol Ijo. Lantas di mana Djanur akan menempatkan Maitimo?

Dengan filosofi sepakbola menyerang yang kerap diusung Djanur, Maitimo harusnya menjadi pemain penting yang bisa menerjemahkan keinginan Djanur. Menjadikannya pembeda di lapangan dan menentukan hasil akhir pertandingan. Apalagi Maitimo dikenal dengan gelandang serba bisa yang mampu memainkan peran di berbagai posisi.

Lihat saja, pada berbagai pertandingan pemain naturalisasi ini cukup apik ketika berperan sebagai penyerang lubang, sayap, maupun target man. Kombinasi fisik, skill dan determinasi yang tinggi dari Maitimo mendukungnya untuk bisa memainkan berbagai peran yang tak biasa.

Maitimo juga dibekali insiting membaca permainan, membagi bola serta memiliki finishing yang ciamik. Kerjasama antara Djanur dan Maitimo bukan yang pertama. Mereka pernah disatukan dalam satu tim ketika masih disatukan di Persib Bandung.

Kini, Maitimo sudah tak sabar bereuni dengan Djanur. Daya jelajah Maitimo yang tinggi kemungkinan besar akan dieksploitasi besar-besaran oleh Djanur untuk membantu Da Silva sebagai tukang gedor di Persebaya.

Maitimo sendiri sudah memahami sepakbola ala Djanur. Bahkan, dirinya yakin karakter bermain bola yang dipakainya sudah dipahami sejak lama oleh Djanur. “Dia pelatih berkualitas. Selain itu dia juga disiplin dan cocok dengan karakter saya,” ucap Maitimo, Rabu (5/9/2018).

Bahkan, katanya, taktik Djanur dan game style gaya permainannya sudah menemukan kecocokan. Ia pun berharap dapat diberi kesempatan lebih untuk menunjukkan kualitasnya.

“Saya harap nanti Djanur bisa memainkan saya seperti di Persib. Tapi soal posisi saya serahkan ke pelatih, yang pasti saya suka dimainkan di posisi gelandang serang,” jelasnya.

Namun sekali pun sudah pernah bersama di Persib Bandung. Maitimo belum tahu peran apakah yang akan diberikan oleh Djanur kepada dirinya saat ini. Namun, ia tetap akan siap berada di posisi manapun, termasuk kembali menjadi striker.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5219 seconds (0.1#10.140)