Hendardi: KPK Lebih Berperan Membangun Sikap Anti Korupsi

Rabu, 19 Juni 2019 - 09:09 WIB
Hendardi: KPK Lebih Berperan Membangun Sikap Anti Korupsi
Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hendardi. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke depan, diharapkan lebih mampu membangun sikap anti korupsi dengan memprioritaskan pada proses pencegahan di segala bidang.

Prioritas pencegahan tersebut, diungkapkan oleh salah satu anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK, Hendardi saat hadir di Fakultas Hukum Universitas Barwijaya (FH UB) Malang, Rabu (19/6/2019).

Hendardi menjadi salah satu pembicara dalam diskusi publik dengan tema "Menjaring Calon Pimpinan KPK yang Kompeten dan berintegritas dari Daerah Melalui Sosialisasi Seleksi Calon Pimpinan KPK".

"Sejalan dengan semangat bapak presiden, ke depan KPK diharapkan mampu berperan membangun sikap anti koupsi melalui upaya pencegahan," ujarnya kepada SINDOnews, Rabu (19/6/2019).

Dia juga menegaskan, dengan menjadikan upaya pencegahan korupsi sebagai priositas kerja KPK, bukan berarti menghilangkan peran penindakan seperti Operasi Tangkap Tangan (OTT). "Penindakan tetap penting, tetapi pencegahan juga harus menjadi prioritas," tuturnya.

Terkait proses seleksi calon pimpinan KPK, Hendardi mengaku peran para akademisi sangat penting dalam menghadirkan pimpinan KPK yang memiliki komitmen dan integritas dalam pemberantasan korupsi.

"Kami datang ke berbagai kota dan kampus, seperti Kota Malang, Kota Surabaya, dan Padang, untuk melakukan sosialisi seleksi ini, karena daerah-daerah di Indonesia sangat penting dalam proses seleksi pimpinan KPK, untuk mewujudkan pimpinan KPK yang berintegritas," ujarnya.

Seperti di Kota Malang, dia menyebutkan banyak aktivis-aktivis anti korupsi yang lahir dan terus berkomitmen untuk membangun gerakan anti korupsi. Tentunya peran mereka sangat diharapkan dalam proses seleksi pimpinan KPK.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1978 seconds (0.1#10.140)