Mahasiswa UK Petra Pamerkan Design Ruang Budaya Asik dan Cantik

Rabu, 19 Juni 2019 - 18:40 WIB
Mahasiswa UK Petra Pamerkan Design Ruang Budaya Asik dan Cantik
Pengunjung melihat karya design interior di Gedung P lantai 1 kampus UK Petra, Surabaya, Rabu (19/6/2019). Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Prodi Desain Interior (DI) UK Petra menggelar pameran bertajuk "Interior Design for Creative Community", di selasar Gedung P lantai 1 kampus UK Petra.

Kegiatan ini digelar selama tiga hari pada 19-21 Juni 2019, dengan menggandeng 11 komunitas yang ada di Kota Surabaya.

Kepala Prodi DI UK Petra, Laksmi Kusuma Wardani mengatakan, mahasiswa yang terlibat diminta mendesain ruang bagi para komunitas di bidang seni, pariwisata, religi, sejarah, ilmu pengetahuan hingga budaya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Design Interior Styling 4 yang ingin menciptakan sebuah kenyamanan untuk menunjang ruang fasilitas bagi para komunitas," katanya.

Selain pameran, beragam kegiatan telah dipersiapkan diantaranya talkshow hingga workshop. Tercatat ada 99 karya mahasiswa yang berupa perancangan atas ruang budaya bagi komunitas.

Laksmi menjelaskan, perancangan ruang budaya ini menerapkan metode Human Centre Design dan Service Learning.

"Jadi mahasiswa ini terjun langsung ke lapangan sebelum merancang ruang bagi komunitas. Mereka ikut juga dalam kegiatan para komunitas agar rancangan mereka sesuai dengan kebutuhan," ujarnya

Sebelas komunitas Surabaya yang ikut memeriahkan diantaranya My Sister's Fingers, Doodle Art, Waste Recycling Project, Roode Brug Soerabaia, Perkantas, GPPS Jemaat Bethlehem, Surabaya Tempo Dulu, Prajanara, Hwie Tiauw Ka, Ion Scuba Diving dan Rumah Pintar Juanda Cendekia Surabaya.

Hasil akhir berupa rancangan desain interior merupakan akumulasi dari berbagai kemampuan analisis, sintesis hingga mewujudkan ide terbaik yang konseptual dan filosofis.

Menurut Hendra Barong Piknik dan Raka Wayang Yakyakan dari komunitas Prajanara, yang dilakukan mahasiswa desain interior tersebut sangat efektif bagi kegiatan kami kedepannya.

"Sebab ruang budaya ini mutifungsi sesuai dengan kebutuhan kami. Semoga kedepannya UK Petra dapat bekerja sama dengan kami," pungkas Raka.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4492 seconds (0.1#10.140)