Erdogan Sebut Mohamed Morsi Dibunuh, Serukan Penyelidikan

Kamis, 20 Juni 2019 - 07:04 WIB
Erdogan Sebut Mohamed Morsi Dibunuh, Serukan Penyelidikan
Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan menyerukan penyelidikan terhadap kematian Mohamed Morsi. Foto/Istimewa
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan menyebutkan presiden Mesir terguling Mohamed Mursi dibunuh. Erdogan menyerukan pemerintah Mesir harus menghadapi penyelidikan internasional atas kematian Morsi.

Berbicara dalam pidato televisi di Istanbul, Erdogan mengatakan, mantan presiden yang dipenjara - yang digulingkan dalam kudeta pada tahun 2013 - dengan sengaja dibiarkan meninggal oleh otoritas Mesir.

"Morsi berjuang di lantai di ruang sidang selama 20 menit. Sayangnya pihak berwenang tidak campur tangan untuk menyelamatkannya," kata Erdogan.

"Morsi dibunuh, dia tidak mati karena sebab alamiah," kata dia seperti dikutip dari Middle East Eye, Kamis (20/6/2019).

Erdogan mengatakan, dia akan menindaklanjuti proses terkait kematian Morsi. "Kami akan melakukan apa pun yang diperlukan agar Mesir diadili di pengadilan internasional," kata Erdogan.

Erdogan menjalin hubungan dekat dengan Morsi, presiden sipil pertama Mesir yang dipilih secara bebas dan anggota Ikhwanul Muslimin terkemuka.Tetapi hubungan Ankara dengan Kairo memburuk setelah militer Mesir, yang saat itu dipimpin oleh Abdel Fattah al-Sisi, menggulingkan Morsi pada 2013. Kemudian Sisi menjadi Presiden Mesir.

Erdogan mengecam keras pengambilalihan militer di Mesir dan menyebutnya sebagai kudeta. Kantor jaksa agung di Mesir mengatakan Morsi segera diangkut ke rumah sakit, di mana petugas medis menyatakan dia meninggal - versi yang dikonfirmasi oleh sumber pengadilan.

Morsi dimakamkan pada hari Selasa, ketika kelompok-kelompok hak asasi termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch menyerukan penyelidikan independen atas penyebab kematiannya.

Erdogan pada Selasa lalu bergabung dalam salat gaib di sebuah masjid di Istanbul untuk mantan pemimpin Mesir itu.

Pemerintah Mesir, masih dipimpin oleh Sisi, telah bereaksi dengan amarah terhadap sejumlah tuduhan dengan sengaja menyebabkan kematian Morsi.

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Hafez mengecam seruan PBB untuk penyelidikan sebagai upaya yang disengaja untuk mempolitisasi kematian alami.

Dia mengatakan, Pemerintah Mesir mengutuk dalam "syarat sekuat mungkin" permintaan dari juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Rupert Colville.

"Setiap kematian mendadak dalam tahanan harus diikuti oleh penyelidikan yang cepat, tidak memihak, menyeluruh dan transparan yang dilakukan oleh sebuah badan independen untuk mengklarifikasi penyebab kematian," kata Colville.

"Kekhawatiran telah dikemukakan mengenai kondisi penahanan Morsi, termasuk akses ke perawatan medis yang memadai, serta akses yang memadai ke pengacara dan keluarganya," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)