Perang Dagang AS-China Disebut Jadi Pemicu Merosotnya Rupiah

Rabu, 05 September 2018 - 14:14 WIB
Perang Dagang AS-China Disebut Jadi Pemicu Merosotnya Rupiah
residen Jokowi menjawab soal pelemahan rupiah usai melepas ekspor Toyota di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/9) pagi. Foto/Setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat karena faktor eksternal. Hal ini juga di alami oleh negara lainnya.

"Tidak hanya di Indonesia (pelemahan nilai tukar). Ini karena kenaikan suku bunga di Amerika Serikat. Berkaitan juga dengan perang dagang antara Amerika dan China," ujar Jokowi usai melepas ekspor CBU mobil Toyota di IPC Car Terminal, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Tak hanya itu, faktor lainnya yang menyebabkan pelemahan rupiah menurut Jokowi karena krisis di Argentina dan Turki. "Saya kira yang paling penting kita harus waspada dan hati-hati. Saya selalu melakukan koordinasi di sektor fiskal dan sektor moneter dan pelaku usaha, karena koordinasi yang kuat menjadi kunci," tegasnya.

Jokowi menambahkan, ada dua hal yang dinilai mampu meredam pelemahan rupiah, yaitu investasi dan ekspor. Hal ini akan mampu meredam defisit transaksi berjalan. "Saya sudah pasang target kepada menteri-menteri agar dalam satu tahun ini bisa menyelesaikan defisit transaksi berjalan," tegasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8320 seconds (0.1#10.140)