Gate In Online Siap Diterapkan Pelindo III di Tanjung Perak

Kamis, 20 Juni 2019 - 20:31 WIB
Gate In Online Siap Diterapkan Pelindo III di Tanjung Perak
Pramugari Dharma Lautan Utama (DLU), menunjukkan fasilitas e-Ticketing dan Gate In Online untuk kapal penumpang dan Roro Pelabuhan Tanjung Perak. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap menerapkan gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kapal penumpang dan Roll On-Roll Off (Ro-Ro).

Fasilitas tersebut membuat penumpang kapal laut yang sudah check in dapat memindai boarding pass-nya sebelum berjalan dari terminal untuk masuk ke dek kapal. Sehingga terdata dengan jelas.

"Pelindo III sebagai operator Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) mengintegrasikan data penumpang dari enam operator kapal (penumpang dan ro-ro) untuk penerapan fasilitas gate in online. Sehingga, data check in dan boarding ini dapat dimanfaatkan oleh Kantor Kesyahbandaran sebagai manifes penumpang dan menjadi dasar penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar kapal dapat berangkat," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto pada acara peluncuran fasilitas tersebut di Surabaya, Kamis (20/6/2019).

Putut menjelaskan, fasilitas tersebut sangat penting untuk semakin menjamin faktor keselamatan berlayar kapal dan keamanan di gedung terminal penumpang. Dengan diterapkannya e-ticketing untuk penumpang kapal, area boarding dalam gedung terminal hanya akan diisi oleh penumpang kapal. Sehingga lebih nyaman dan lebih tertib.

Mulai 1 Agustus nanti agen penjualan tiket fisik kapal juga akan dipindah ke lokasi lain di luar gedung terminal. Antrean masuk ke kapal juga akan diatur per dek agar lebih tertib. Kemudian dari data gate in online jumlah, identitas, dan tujuan penumpang yang naik ke kapal juga jelas.

"Penerapan e-ticketing dan gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi langkah penting dalam layanan penumpang moda transportasi laut di Indonesia. Kementerian Perhubungan mendorong sinergi antara BUMN operator terminal dan pihak operator kapal swasta demi memberikan pelayanan yang optimal," ungkap Putut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus H. Purnomo meminta Pelindo III dan para operator kapal melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama para calon penumpang kapal laut agar dapat memanfaatkan e-ticketing dan gate in online tersebut. Sehingga kemudahan pemesanan tiket bisa dirasakan masyarakat dan tidak terjadi kebingungan di terminal.

Pihaknya melihat, selama ini di laut terlalu banyak diskresi yang bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan. Hal tersebut bisa diperbaiki dengan digitalisasi pelayanan. "Bandara dan stasiun bisa bagus (pelayanannya), maka pelabuhan juga bisa. Ayo kita bangun mulai dari Tanjung Perak ini. Kita edukasi masyarakat untuk membeli tiket online," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung pada kesempatan terpisah dari Semarang, menyampaikan bahwa Pelindo III BUMN yang juga mengemban misi membangun negara. Terkait dari segmen pelayanan penumpang di pelabuhan, Pelindo III telah memiliki kesiapan dari sisi infrastruktur fasilitas bangunan dan kemampuan teknologi informasi.

"Pelindo III berkomitmen mendukung langkah digitalisasi layanan yang didorong oleh Kemenhub dan siap membantu para operator kapal. Memang dengan digitalisasi akan mengubah sispro operasional dan proses bisnis. Namun tetap harus dipercepat karena meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang. Penerapan gate in online akan bertahap diterapkan di seluruh terminal penumpang pelabuhan Pelindo III," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7214 seconds (0.1#10.140)