Mahasiswa Unair Mampu Kembangkan Pertumbuhan Ayam Broiler

Jum'at, 21 Juni 2019 - 17:15 WIB
Mahasiswa Unair Mampu Kembangkan Pertumbuhan Ayam Broiler
Para mahasiswa FKH Universitas Airlangga menemukan Ulawak yang terdiri atas ubi jalar dan temulawak yang bisa menambah nafsu makan ayam broiler.Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Ubi jalar dan temulawak yang biasanya tumbuh di pedesaan tak hanya berkhasiat pada kesehatan manusia. Kombinasi kedua vegetasi itu mampu menambah pertumbuhan ayam broiler.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga Surabaya mulai mengembangkan Ulawak. Produk Ulawak ini merupakan kombinasi antara ubi jalar dan temulawak.

Ketua Tim peneliti Ramy Inas Mahirah Mufa menuturkan, ubi jalar dan temulawak yang dikemas dalam produk Ulawak menggunakan bahan organik yang mengandung karbohidrat dan ?-karoten. Bahan organik ini berguna untuk membantu menambah berat badan dan curcumin untuk menambah nafsu makan pada ternak ayam broiler.

“Ulawak juga dapat tahan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu satu tahun jika disimpan dalam kondisi dan tempat yang sesuai dengan rekomendasi kemasan," kata Ramy, Jumat (21/6/2019).

Ia melanjutkan, pakan tersebut nantinya akan tersedia dalam bentuk tepung. Sehingga tepung tersebut akan dicampurkan sebagai pakan tambahan pada ayam broiler yang digunakan banyak para peternak di berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dalam penemuan Ulawak ini, katanya, dirinya dibantu Ahda Idzha Safira, Febi Dwinda Alfifah, Jasmine Abitha dan Kamailiya Ulfah. Semuanya merupakan mahasiswa FKH Universitas Airlangga dari berbagai jenjang.

Ramy juga menjelaskan, pihaknya juga memproduksi Ulawak dalam bentuk kemasan. Saat ini, pihaknya sudah melakukan produksi sebanyak 50 kemasan dan sedang dalam proses pemasaran kepada peternak peternak ayam di daerah Jawa Timur.

“Proses produksi terus kami kembangkan. Kami juga akan menyebarnya ke peternak ayam di seluruh daerah di Jawa Timur,” ucapnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6919 seconds (0.1#10.140)