Surabaya Susul Jakarta Jadi Megacity

Kamis, 06 September 2018 - 10:35 WIB
Surabaya Susul Jakarta Jadi Megacity
SCG telah berperan dalam pembangunan berbagai kota besar di ASEAN. Foto/Dok.SCG Indonesia
A A A
JAKARTA - Kemajuan ekonomi Indonesia beberapa tahun terakhir telah mendorong pembangunan yang masif di berbagai sektor, khususnya di kota-kota besar. Jakarta dinilai tidak lagi menjadi satu-satunya megacity di Indonesia karena Surabaya diprediksi akan menyandang predikat ini juga pada 2020.

Pembangunan pesat yang terjadi di megacity, di satu sisi memberikan keuntungan yang sangat luas namun di sisi lain juga membawa tantangan sosial dan lingkungan yang berdampak pada kualitas hidup penduduknya. Data World Bank menyatakan bahwa ruang terbuka publik sangat penting dan memiliki dampak besar bagi kualitas hidup penduduk kota dan pengembangan diri mereka.

Country Director SCG Indonesia Nantapong Chantrakul menjelaskan, selama lebih dari 100 tahun menjalankan bisnis, SCG telah berperan dalam pembangunan berbagai kota besar di ASEAN.

"Kami berhasil menemukan fakta bahwa salah satu kunci sukses untuk membangun kota berkelanjutan terletak pada kemampuannya menemukan keseimbangan dalam pembangunan infrastruktur, sebagai dampak dari kemajuan ekonomi yang pesat, dengan pembangunan sosial dan lingkungan alam," tegasnya pada forum Construction Talk 2018: Better Living in Megacity di Jakarta.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1494 seconds (0.1#10.140)