alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dongkrak Batik Tulis Porang, Prajurit TNI Polri Aspal Jalan Desa

Yuswantoro
Dongkrak Batik Tulis Porang, Prajurit TNI Polri Aspal Jalan Desa
Bersama warga, prajurit Lanud Iswahjudi bergotong royong melaksanakan pengaspalan jalan sepanjang 295 m, di Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Foto/Ist.

MADIUN - Akses jalan penghubung Desa Tlagan, dengan Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, menjadi sasaran kegiatan bhakti sosial terpadu (BST).

Desa tersebut, merupakan sentra industri batik tulis Porang. Sehingga, perbaikan jalan yang dilaksanakan Pemkab Madiun, bersama prajurit TNI Polri, dan segenap komponen masyarakat tersebut, dapat mendongkrak pemasaran Batik Porang.

Tercatat ada sebanyak 250 orang yang turun langsung bekerja bakti, melakukan perbaikan jalan penghubung dua desa. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro.



Mengawali pelaksanaan BST, Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto mengatakan, pengaspalan jalan menuju makam dan akses yang menghubungkan antara Desa Tlagan, dengan Desa Kenongorejo, panjangnya 295 meter, dan lebar 2,6 meter.

Pengaspalan jalan, menurutnya merupakan upaya untuk memperlancar proses produksi. Di mana proses produksi tersebut merupakan upaya pemberdayaan masyarakat, terhadap sentra industri batik.

"Gotong royong merupakan budaya bangsa yang harus kita jaga dan lestarikan, karena dengan goyong royong semua yang berat bisa kita kerjakan dengan ringan," ujarnya.

Tidak hanya pengaspalan jalan, dalam kegiatan ini juga digelar pelayanan pasar murah dan pengobatan gratis, serta pelayanan publik masyarakat di seputaran Balai Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Pasar murah tersebut, kata Hari untuk membantu masyarakat Desa Kenongorejo, karena barang-barang yang ada di pasar murah tersebut telah disubsidi oleh Pemkab Madiun.  

Meskipun nilainya tidak terlalu tinggi, namun cukup membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Desa Kenongorejo. "Barang yang tersedia juga mencukupi, karena sesuai dengan jumlah kupon yang diberikan kepada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat mengantri dengan tertib," imbuhnya



(eyt)

loading...