Pemerintah Kota Blitar Khitan 89 Anak PMKS

Sabtu, 29 Juni 2019 - 15:30 WIB
Pemerintah Kota Blitar Khitan 89 Anak PMKS
Pemerintah Kota Blitar mengadakan acara khitanan massal bagi 89 anak PMKS.Foto/ist
A A A
BLITAR - Dinas Sosial Pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan khitan massal di Gedung Kesenian, Jalan Kenari Kota Blitar, Kamis (27/06/2019). Khitanan massal dibuka Plt. Walikota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd.

Santoso mengatakan, dalam khitanan massal ini selain mendapat layanan khitan gratis, juga diberi bantuan sarung, celana dalam khusus bagi anak khitan, kaos, sandal dan uang saku senilai Rp500 ribu. Ini sebagai wujud dari APBD Pro Rakyat di Kota Blitar. Anak-anak yang dikhitan ini merupakan anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kegiatan ini rencananya akan berlanjut. Berharap tahun depan bisa mengikutsertakan peserta yang lebih banyak dan bantuan yang diberikan kepada peserta juga lebih banyak lagi.

“Dalam khitan ini tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup sekitar 20 menit per anak dan anak tidak begitu merasakan sakit,” kata Santoso sesuai rilis dari Pemkot Blitar.

Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto menyebutkan, khitanan masal ini diikuti sebanyak 89 anak dari data PMKS di Kota Blitar. Kegiatan perdana bagi Pemerintah Kota Blitar ini sebagai bentuk kepedulian dalam membantu meringankan beban orang tua yang dikhitan.

“Selain itu, khitan merupakan tuntunan Agama dan sebagai anak laki-laki wajib dikhitan. Satu diantaranya agar terjaga kebersihannya,” kata Priyo.

Warga Kota Blitar yang anaknya dikhitan mengapresiasi positif terhadap program Pemerintah Kota Blitar. Warga dari keluarga yang ekonominya kurang mampu, yang masuk data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), merasa terbantu dengan adanya khitanan massal karena warga tidak mengeluarkan biaya.

Samsul Huda warga Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar bersyukur karena telah mendapat bantuan untuk mengkhitankan anaknya, Muhammad Faiz Akbar.

Menurutnya, bersama keluarga yang lain merasa senang, karena dapat merasakan dan ikut menerima manfaat dari program Pemerintah Kota Blitar, APBD yang Pro Rakyat.Dia berharap, program ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat di Kota Blitar.

Dalam khitanan massal ini melibatkan sebanyak 20 orang tenaga medis. Dari tiga puskesmas di masing-masing kecamatan Se-Kota Blitar. Dalam pelaksanaannya disediakan 20 bilik.edi purwanto
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5065 seconds (0.1#10.140)