Lestarikan Budaya, Kota Blitar Ajarkan Seni Karawitan

Sabtu, 29 Juni 2019 - 16:00 WIB
Lestarikan Budaya, Kota Blitar Ajarkan Seni Karawitan
Lestarikan Budaya, Kota Blitar Ajarkan Seni Karawitan
A A A
BLITAR - Sudah beberapa tahun terakhir ini SMP Negeri 9 Kota Blitar memberikan pembelajaran seni budaya kepada anak didiknya, berupa ekstrakurikuler karawitan.

Kepala SMP Negeri 9 Kota Blitar, Widodo Adi mengatakan, pembelajaran seni budaya ini untuk melestarikan kesenian tradisional. Dengan memberikan pembelajaran kepada anak didik yang masih remaja ini, akan ada regenerasi seniman sehingga seni budaya ini tidak punah. Selain itu, siswa-siswinya yang memiliki bekal pengetahuan kesenian ini juga bisa mengembangkan jika sudah lulus sekolah.

Widodo menambahkan, pembelajaran seni Karawitan di sekolah cukup diminati anak didik. Ditahun ajaran 2018, 2019 saja, setelah menjaring minat anak didik yang ingin belajar Karawitan, terkumpul kisaran 40 anak dari sekitar 300 anak secara keseluruhan.

“Akhirnya pembelajarannya dibagi dua kelompok setiap hari Selasa sore, setelah jam pelajaran efektif selesai. Sebagai pengasuh, guru seni di sekolah didampingi pengasuh seniman dari luar sekolah,” kata Widodo.

Dari hasil pembelajaran seni Karawitan, anak didiknya mampu tampil didepan umum. Seperti pentas seni ketika ada kegiatan Pramuka, mapun pertunjukan seni perpisahan atau pelepasan siswa kelas IX.

Kasubag Humas Pemkot Blitar Gigih Mardana menyambut baik upaya melestarikan kesenian tradisional itu. ”Ke depan kami berharap sekolah-sekolah lain mengikuti pengajaran seperti yang dilakukan SMP 9 Kota Blitar. Kami akan support penuh,” katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1123 seconds (0.1#10.140)