Pada 2020 Semua Kecamatan di Gresik Ditarget Bebas Korupsi

Minggu, 30 Juni 2019 - 19:06 WIB
Pada 2020 Semua Kecamatan di Gresik Ditarget Bebas Korupsi
Pemkab Gresik menargetkan semua kecamatan bebas korupsi pada tahun 2020.Foto/SINDOnews/Ashadi iksan
A A A
GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik meluaskan jangkauan program Zona Integritas (ZI) wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Pada 2020 ditarget semua kecamatan terjangkau.

Penegasan itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Untuk mempercepat program ini, seluruh camat dan aparatur kecamatan diberi sosialisasi di Ruang Rapat Dinas PUTR .

“Kecamatan yang merupakan kepanjangan tangan pemkab agar menjalankan tugas sesuai tupoksi. Sehingga, 2020 semua kecamatan bebas korupsi,” ujar Sambari baru-baru ini.

Tahun lalu Kecamatan Gresik dan Sangkapura dijadikan pilot project sebagai Kecamatan Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Tahun 2019 ini, Pemkab Gresik menambah tiga kecamatan lagi yaitu Kecamatan Manyar, Duduksampeyan dan Driyorejo. Sedangkan pada 2020 semua Kecamatan sudah menjadi ZI, WBK dan WBBM.

Bupati Sambari berharap agar peran kecamatan bisa lebih efektif. Seluruh permasalahan kecamatan bisa diselesaikan di kecamatan.

Kepala Bagian Pemerintahan Nurul Puspita Wardani mengatakan, kegiatan ini selain untuk persiapan perluasan wilayah ZI, WBK dan WBBM juga untuk mensosialisasikan aturan baru PP nomer 17 tahun 2018 tentang kecamatan.

“Bedanya dengan aturan yang lama, pada aturan tersebut menjelaskan tentang Kelurahan yang sebelumnya merupakan OPD yang berdiri sendiri. Nantinya kelurahan akan menjadi perangkat kecamatan. Terutama dalam penganggaran,” tukasnya.

Teks foto
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4196 seconds (0.1#10.140)