Area Embun Beku Meluas 4 Hektare, Gunung Bromo Aman Dikunjungi

Senin, 01 Juli 2019 - 04:26 WIB
Area Embun Beku Meluas 4 Hektare, Gunung Bromo Aman Dikunjungi
Area embun beku di kawasan Gunung Bromo semakin meluas, namun lokasi wisata tersebut tetap aman untuk pengunjung.Foto/dok
A A A
PROBOLINGGO - Kawasan embun beku di Wisata Lautan Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, meluas. Jika sebelumnya area embun beku hanya mencapai setengah hektare, kini meluas hingga 4 hektare.

Pantauan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), area seluas 4 hektare tersebut tidak merata, namun ada titik-titik tertentu terjadinya embun beku. Titik embun beku didominasi di tebing sisi timur yang suhunya bisa mencapai minus.

Fenomena tahunan ini diprediksi akan berlangsung lebih lama hingga pertengahan September, namun bila akhir Agutus suhu agak memanas diprediksi embun beku berakhir pada Agustus 2019. Sedangkan di kawasan dekat kawah Gunung Bromo dan sekitarnya tidak terpantau adanya embun beku.

Dampak embun beku ini membuat kawasan tersebut memutih dan menjadi pemandangan menarik tersendiri bagi pengunjung.

Kepala Resor Tengger Lautan Pasir TNBTS, Subur Hari Handoyo menjelaskan, embun yang mengandung berelang berdampak akan merusak aneka rerumputan di kawasan kaldera Gunung Bromo.

Wisata Gunung Bromo aman untuk dikunjungi, asal pengunjung mempersiapkan jaket – tutup kepala, sarung tangan, dan sepatu. Bila pengujung memiliki sakit, seperti jantung dan asma, disarankan tidak mendatangi spot embun salju.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0122 seconds (0.1#10.140)