Semester I Pelindo III Kucurkan Rp17,5 Miliar untuk Masyarakat

Selasa, 02 Juli 2019 - 15:30 WIB
Semester I Pelindo III Kucurkan Rp17,5 Miliar untuk Masyarakat
Semester I Pelindo III Kucurkan Rp17,5 Miliar untuk Masyarakat
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III semester I atau Juni 2019 telah menggelontorkan dana tanggung jawab sosial perusahaan total sebesar Rp17,5 miliar. Dana itu digunakan untuk masyarakat di sekitar pelabuhan di tujuh propinsi yang dikelolanya.

Dana bantuan tersebut dibagi dalam dua program. Pertama, Program Bina Lingkungan sebesar Rp12,5 miliar untuk membantu berbagai kebutuhan sosial masyarakat di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga budaya. Kedua, Program Kemitraan sebesar Rp5 miliar. Jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi mitra binaan Pelindo III total 2.800 dan tersebar di tujuh provinsi.

“Kami melihat setiap pelaku kegiatan ekonomi merupakan stakeholder penting bagi pelabuhan. Karena bisnis pelabuhan akan bertumbuh seiring peningkatan ekonomi hinterland-nya (kawasan di sekitarnya). Begitu pula dengan kualitas hidup dan sosial warga sekitar pelabuhan juga diperhatikan untuk menjaga stabilitas kondisi usaha,” kata Direktur Utama PT Pelindo III, Doso Agung, Selasa (2/7/2019).

Sebelum menjadi mitra binaan Pelindo III dan mendapatkan bantuan, para UKM mengikuti seleksi di Kantor Pelindo III setempat. Tahap pertama adalah pengajuan proposal. Dilanjutkan tahap seleksi dan survey. Lalu diusulkan ke Kantor Pusat untuk kemudian diputuskan. Proses tersebut agar hasilnya tepat sasaran dengan diperolehnya mitra terbaik yang berhak atas dana tersebut.

“Selain menerima pinjaman modal, seluruh mitra usaha kami diikutsertakan dalam Pelatihan Kewirausahaan,” ujar Doso.

Dalam pelatihan disediakan mentor sebagai pendukung untuk menjelaskan prinsip berwirausaha. Sekaligus manajemen keuangan untuk UKM. Biasanya di dalam pelatihan, mitra binaan juga diberi kesempatan tanya jawab serta diskusi seputar bidang kewirausahaan sebagai informasi tambahan. “Informasi tambahan harapannya dapat berguna dikemudian hari,” pungkas Doso.

Pada Selasa (25/6/2019) lalu, Pelindo III menyalurkan dana bantuan Program Bina Lingkungan untuk warga di sekitar pelabuhannya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Hingga Juni, tercatat Rp3,1 miliar telah disalurkan di Kota Banjarmasin dan di wilayah lain di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Peruntukannya antara lain sebagai bantuan pendidikan, peningkatan pendidikan, kesehatan, sarana ibadah, pelestarian alam, serta sarana dan prasarana umum,” kata CEO Pelindo III Regional Kalimantan, Boy Robyanto
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7145 seconds (0.1#10.140)