Unggah Foto Editan Jokowi, Polisi Periksa Pemilik Akun Facebook di Blitar

Selasa, 02 Juli 2019 - 15:33 WIB
Unggah Foto Editan Jokowi, Polisi Periksa Pemilik Akun Facebook di Blitar
Pemilik akun Facebook di Blitar, diperiksa polisi karena mengunggah foto editan tentang Jokowi. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Akun facebook Aida Konveksi mengunggah gambar yang ditengarai foto mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto editan itu diberi keterangan "the new Firauan".

Menurut Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono Pemilik akun telah dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. Sebab, unggahan gambar di media sosial ditengarai mengandung unsur penghinaan lambang negara.

"Pemilik akun sudah kami panggil untuk menjalani pemeriksaan," ujar Heri kepada wartawan Selasa (2/7/2019). Postingan gambar pada 1 Juli 2019 malam itu sontak viral. Sejumlah warga net langsung membagikan ke sejumlah grup media sosial facebook dan instagram.

Beberapa di antaranya mencolek akun humas Polres Blitar Kota, dan akun pribadi Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar. Secara tidak langsung mereka meminta aparat kepolisian segera mengambil tindakan.

Tim cyber patrol Polres Blitar Kota langsung bergerak. Seluruh bukti langsung dikumpulkan, melacak keberadaan pemilik akun facebook dan sekaligus memanggilnya.

Dalam kasus ini menurut Heri pihaknya masih akan meminta keterangan saksi ahli guna memastikan ada tidaknya unsur pidana. Sebab seorang kepala negara merupakan lambang negara yang dilindungi perundangan.

"Kita masih akan meminta keterangan saksi ahli untuk memastikan ada tidaknya unsur pidana dalam postingan itu," kata Heri.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7261 seconds (0.1#10.140)