Hujan Deras Guyur India Barat, 32 Orang Tewas

Rabu, 03 Juli 2019 - 05:54 WIB
Hujan Deras Guyur India Barat, 32 Orang Tewas
Seorang sopir taksi mendorong mobilnya yang terjebak banjir di Mumbai, India. Foto/Istimewa
A A A
NEW DELHI - Hujan deras yang mengguyur negara bagian Maharashtra, India barat, telah menyebabkan setidaknya 32 orang tewas.

Lebih dari seribu penduduk telah dipaksa untuk mengungsi dan beberapa layanan publik telah ditangguhkan di Mumbai, Ibu Kota keuangan India, yang mengalami musim hujan terburuk yang pernah terjadi selama lebih dari satu dekade.

Lebih dari seribu penduduk telah dipaksa untuk mengungsi dan beberapa layanan publik telah ditangguhkan di Mumbai, ibukota keuangan India, yang mengalami musim hujan terburuk yang pernah terjadi selama lebih dari satu dekade.

Dua puluh orang tewas pada Selasa (2/7/2019) ketika satu dinding penahan runtuh ke gubuk-gubuk di sebuah pemukiman di pinggiran utara Maladewa, Maladewa, kata otoritas sipil Mumbai. Tiga orang lainnya tenggelam akibat banjir di daerah Malad, kata juru bicara manajemen bencana India Tanaji Kamble.

Kepala pemadam kebakaran Mumbai, Prabhat Rahangdale mengatakan, operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut di tempat runtuhnya tembok paling mematikan saat sejumlah orang dikhawatirkan terjebak di dalam puing-puing.

"Enam puluh delapan orang yang terluka dalam reruntuhan dirawat di rumah sakit," kata Kamble.

"Sedih mengetahui tentang hilangnya nyawa dalam insiden runtuhnya dinding Malad," kata Kepala Menteri Negara bagian Maharashtra, tempat Mumbai berada, Devendra Fadnavis.

"Pikiranku bersama keluarga yang kehilangan orang yang dicintai," ujar dia.

Dia mengatakan, sekitar USD7.260 akan diberikan kepada keluarga masing-masing dari mereka yang meninggal.

Enam pekerja konstruksi tewas di distrik Pune pada Selasa pagi ketika dinding sebuah perguruan tinggi jatuh menimpa bangunan yang bersebelahan tempat para pekerja tidur.

"Hujan lebat menumbangkan pohon yang jatuh di atas dinding yang menyebabkan bangunan itu runtuh di atas gubuk," kata Kepala Administrasi Distrik Pune, Naval Kishore Ram seperti dikutip dari CNN, Rabu (3/7/2019).

Di distrik Thane, tepat di luar Mumbai, tembok sebuah sekolah roboh di rumah-rumah sementara yang menewaskan tiga orang. Hal itu diungkapkan seorang juru bicara badan kota setempat, Prasad Thakur.

Pemerintah lokal Mumbai menyatakan hari Selasa sebagai hari libur umum karena pusat keuangan itu terus dilanda hujan deras. Para pejabat mengatakan Angkatan Laut India mengerahkan tim penyelaman di kota itu untuk memberikan bantuan kepada hujan yang melanda dan terdampar di Mumbaikar.

Sementara itu, pejabat bandara mentweet bahwa landasan pacu utama bandara Mumbai ditutup Selasa setelah sebuah pesawat tergelincir. Beberapa layanan kereta api juga dibatalkan atau ditangguhkan, tweeted Western Railway, yang mengelola rute kereta kota.

Di lingkungan timur Kurla, 1.000 orang diungsikan saat Sungai Mithi meluap.

Foto menunjukkan mobil-mobil terhenti oleh air berwarna kuning di jalanan yang tergenang air. Beberapa jalan yang sehari sebelumnya di landa banjir menjadi lokasi bermain anak-anak dengan ketinggian air setinggi pinggang.

Meskipun Mumbai mengalami musim hujan setiap tahun, hujan pada hari Senin dan Selasa adalah yang terberat dalam lebih dari satu dekade.

Hujan yang turun dalam 24 jam berakhir pada Selasa pagi. Intesitas hujan mencapai 375,2 mm, jumlah tertinggi dalam periode 24 jam sejak 2005, ketika Mumbai menerima 940 mm hujan dalam waktu 24 jam, menurut KS Hosalikar , wakil direktur jenderal di unit Mumbai dari Departemen Meteorologi India.

"Meskipun musim hujan diperkirakan akan terus berlanjut selama beberapa hari ke depan, itu tidak diharapkan untuk menjadi intens," tambah Hosalikar.

Musim hujan telah terlambat datang di seluruh India tahun ini, berjalan sekitar dua minggu setelah jadwal dan lebih dari 30% di bawah curah hujan yang diharapkan sejak 1 Juni secara nasional, menurut data yang dianalisis oleh CNN Weather.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1919 seconds (0.1#10.140)