alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2.497 Prajurit Satgasla PPRC TNI Siaga di Koarmada II, Ada Apa?

Ali Masduki
2.497 Prajurit Satgasla PPRC TNI Siaga di Koarmada II, Ada Apa?
Komandan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI, Mayjen TNI Tri Yuniarto, memeriksa kesiapan 2.497 prajurit Satgasla PPRC TNI di Koarmada II. Foto/Ist.

SURABAYA - Sebanyak 2.497 prajurit Satuan Tugas Laut (Satgasla) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI, melakukan apel Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops).

Kegiatan ini digelar di Markas Komando Armada (Koarmada) II, dan dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri (Pandivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, yang merupakan Komandan PPRC TNI.

Didampingi oleh Komandan Satgasla PPRC TNI, Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, Komandan PPRC TNI melakukan pemeriksaan pasukan yang telah siap berbaris rapi di sepanjang Dermaga Madura, Markas Koarmada II.



Menurut Tri Yuniarto, PPRC TNI adalah satuan komando tugas gabungan yang pengerahannya langsung berada pada Panglima TNI, memiliki tugas sebagai penindak cepat untuk mencegah, menangkal, menggagalkan dan menghancurkan setiap bentuk ancaman militer dan non militer di wilayah NKRI.

"Guna mendukung terwujudnya tugas tersebut, PPRC TNI harus memiliki kecepatan bertindak untuk melakukan operasionalnya, maka diperlukan keterpaduan komando, kendali, dan komunikasi yang baik," tegasnya.

2.497 Prajurit Satgasla PPRC TNI Siaga di Koarmada II, Ada Apa?

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini menambahkan, jika kekuatan PPRC TNI terdiri dari beberapa satuan tugas antara lain Satgasrat, Satgasla, Satgasud, Satkomlek, KDO, dan Mako Denma PPRC dengan jumlah personel sebanyak 6.398 orang.

Sementara Erwin S. Aldedharma menerangkan, jika Satgasla adalah bentuk organisasi kekuatan laut yang berkedudukan di bawah komando PPRC TNI, terdiri dari unsur-unsur kekuatan laut dan Marinir, yang dipadukan untuk melaksanakan tugas tertentu.

"Adapun tujuan pelaksanaan apel Riksiapops Satgasla PPRC TNI, adalah mengecek secara langsung kesiapan personel dan material Satgasla yang harus siap sewaktu-waktu bergerak sebagai satuan tugas PPRC TNI," tuturnya.

Apel kesiapan ini, menurut perwira tinggi yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla ) Koarmada II ini, juga merupakan bagian dari upaya pertahanan negara, selama kurun waktu 2018-2020, sebagai bagian dari kekuatan PPRC TNI.

Erwin, juga menambahkan bahwa dalam PPRC TNI unsur-unsur Satgasla yang ikut mendukung terdiri dari Markas Satgasla, Unsur Satuan Angkut, Unsur Satuan Lindung, Unsur Satuan Bantu, Unsur Satuan Udara, BTP Marinir, dan Banmin dengan total personel 2.497 orang.



(eyt)

loading...