alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jepang Inisiatif Tengahi Konflik Palestina dengan Israel

Victor Maulana
Jepang Inisiatif Tengahi Konflik Palestina dengan Israel
Jepang dinilai sebagai negara yang telah menunjukkan komitmen luar biasa terhadap perdamaian dan solusi Palestina dan Israel. Foto/Istimewa

RAMALLAH - Jepang melalui Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono, menyatakan berminat Tokyo memainkan peran sebagai perantara yang jujur dalam membantu menyelesaikan konflik Palestina dengan Israel.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat, mengatakan, Jepang adalah negara yang telah menunjukkan komitmen luar biasa terhadap perdamaian dan solusi dua negara.

"Mereka telah berinvestasi dalam pengembangan institusi di Palestina dan telah mempertahankan posisi menentang permukiman Israel," kata Erekat dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada Jumat (5/7/2019).



Menurut dia, Palestina menyambut positif Jepang yang konsisten dengan rencana perdamaian yang dipresentasikan oleh Presiden Mahmoud Abbas di hadapan Dewan Keamanan (DK) PBB pada Februari 2018.

"Palestina menyerukan sekelompok negara untuk memfasilitasi proses perdamaian karena kami tidak akan menerima Amerika Serikat untuk memainkan peran ini,” kata dia.

Sebelumnya diwartakan, Kono mengatakan, Tokyo siap untuk memainkan peranan dalam membantu menyelesaikan konflik antara Israel dan Palestina. Dia mengatakan, Jepang siap menjadi penengah konflik itu.

"Kami dapat memainkan peranan sebagai penengah yang jujur di Timur Tengah, karena kita tidak memiliki sejarah kolonial atau jejak negatif di kawasan ini," kata Kono.

Kono mengatakan, memastikan stabilitas di kawasan Timur Tengah adalah salah satu kepentingan negaranya. Alasannya, Jepang bergantung pada produk-produk dari kawasan Timur Tengah, khususnya minyak.



(nth)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif