Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang California Selatan

Sabtu, 06 Juli 2019 - 12:45 WIB
Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang California Selatan
Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang California Selatan
A A A
CALIFORNIA - California Selatan, Amerika Serikat (AS), kembali diguncang gempa bumi, Sabtu (6/7/2019) WIB. Gempa kali ini bermagnitudo 7,1 dan berlangsung selama 41 detik.

Berdasarkan survei Geologi AS (USGS), gempa terjadi di kedalaman dangkal, yakni kurang dari satu kilometer.

Belum ada laporan langsung tentang korban jiwa atau kerusakan. Para netizen lokal telah berbagi rekaman yang memperlihatkan apartemen di California terkena dampak guncangan kuat.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran San Bernardino County, ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa bumi hari ini. "Rumah bergeser, fondasi retak, dinding penahan anjlok," kata departemen itu di Twitter.

Sebelumnya pada 4 Juli atau pada Hari Kemerdekaan AS wilayah California Selatan diguncang gempa magnitudo 6,4. Menurut USGS, setidaknya terjadi 159 gempa susulan dengan magnitudo 2,5 atau lebih besar yang dicatat setelah gempa bumi pertama.

Situs web USGS belum menyediakan informasi detail soal gempa terbaru ini. Menurut laporan media lokal yang dikutip Sputniknews, situs web badan seismik itu dibanjiri permintaan informasi oleh publik setelah gempa besar melanda.

Gempa pada 4 Juli dilaporkan menyebakan 20 korban luka, kebakaran dan kerusakan bangunan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7574 seconds (0.1#10.140)