Pelajari Teknologi Pemanfaatan Nuklir, ITS Diajak ke Moskow

Jum'at, 07 September 2018 - 10:59 WIB
Pelajari Teknologi Pemanfaatan Nuklir, ITS Diajak ke Moskow
Mempelajari teknologi pemanfaatan Nuklir, PLN dengan Rektor dan perwakilan tujuh universitas di Indonesia kunjungan ke salah satu universitas nuklir terbesar di Rusia yakni National Research Nuclear University (MEPhI), Moskow, Kamis (6/9). Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Perwakilan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bersama enam perguruan tinggi di Indonesia diajak ke National Research Nuclear University (MEPhI), Moskow, Kamis (6/9).

Bersama PT PLN mereka mempelajari lebih dalam tentang teknologi pemanfaatan nukli. MEPhi adalah salah satu universitas nuklir terbesar di Rusia.

Selain ITS enam lainya adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, dan Universitas Udayana.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusra Djoko R Abumanan menyampaikan bahwa PLN ingin mewujudkan sinergi antara industri dengan akademisi, Indonesia dengan Rusia. “Intensi kunjungan kerja kami salah satunya ke MEPhI adalah untuk meningkatkan komunikasi serta mewujudkan potensi kerjasama antara kami (PLN dan universitas) di Indonesia dengan Rusia,” terangnya

Lebih lanjut Djoko juga menjelaskan bahwa Rusia menjadi negara tujuan benchmarking karena memiliki sinergi yang baik antara industri dengan akademisinya. “Kami memandang Rusia sebagai salah satu negara yang cermat memanfaatkan potensi dalam negaranya dan mampu menciptakan sinergi yang sangat baik antara industri dan universitas, oleh karena itu kami mengikutsertakan rektor dan perwakilan dari 7 Universitas di Indonesia, semoga dapat terjalin kerjasama,” lanjut dia.

Wakil Rektor MEPhI Tatiana N Leonova menyambut kunjungan delegasi yang dibawa PLN dan berharap dapat menjalin kerjasama. “Kami sangat berharap mendapatkan kerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia, kami siap bertransfer teknologi dengan universitas di Indonesia," ujar Tatiana.

MEPhI merupakan salah satu Universitas Teknologi Nukli terbaik di Russia, berdasarkan RAEX Agency MEPhI masuk ke peringkat 3 teratas. MEPhI memiliki expert terbaik dunia dalam pengaplikasian keilmuan Nuklir. Melalui kunjungan kerja ini PLN sangat berharap dapat membuka jalur kerja sama antar MEPhI dengan universitas di Indonesia, sehingga mempererat sinergi serta link and match antara universitas sebagai akademisi dengan PLN sebagai industri.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1909 seconds (0.1#10.140)