Wabah Hepatitis A di Pacitan Meluas, Enam Orang Jalani Perawatan

Senin, 08 Juli 2019 - 10:15 WIB
Wabah Hepatitis A di Pacitan Meluas, Enam Orang Jalani Perawatan
Wabah Hepatitis A di Pacitan meluas, ada enam pasien baru jalani perawatan di puskesmas.Foto/inews/dok
A A A
PACITAN - Jumlah penderita hepatitis A di Pacitan terus bertambah dan meluas ke sejumlah kecamatan. Enam orang penderita baru harus menjalani perawatan di Puskesmas Ngadirejo, Pacitan.

"Dengan penambahan enam pasien baru ini, maka total penderita hepatitis A mencapai 1.084 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Eko Budiono, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya, upaya penanganan terus dilakukan agar wabah tersebut tidak menyebar. Di antaranya dengan pengawasan dan pengecekan berkala terhadap pasien yang sudah diizinkan pulang ke rumah.

Sedikitnya ada 1.000 orang warga yang menjalani rawat jalan. Hingga kini petugas juga masih mengawasi pasien dan mendatangi mereka di rumahnya. "Jangan sampai, bertambah parah, atau bahkan menular kembali," ujar dia.

Sampai enam bulan ke depan, penderita hepatitis wajib dikarantina. Mereka tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain supaya virusnya tidak menular. "Mereka juga kami wajibkan berobat rutin setiap satu bulan. Ini harus dilakukan selama enam bulan. Masa enam bulan ini sesuai dengan masa inkubasi virus," katanya.

Diketahui, dua pekan lalu, Pemerintah Kabupaten Pacitan menyatakan KLB (Kejadian Luar Biasa) hepatitis A di wilayahnya. Status ini diberlakukan menyusul banyaknya penderita hepatitis di delapan kecamatan. Jumlahnya mencapai lebih dari 1000 orang.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2298 seconds (0.1#10.140)