Unusa Siap Terjunkan Para Dokter Muda ke Puskesmas di Lamongan

Selasa, 09 Juli 2019 - 22:05 WIB
Unusa Siap Terjunkan Para Dokter Muda ke Puskesmas di Lamongan
Penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), dengan Pemkab Lamongan, Selasa (9/7/2019). Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) terus menjalin kerja sama diberbagai sektor. Kali ini, Unusa menjalin kerja sama dengan Pemkab Lamongan.

Kerja sama diprioritaskan untuk bidang kesehatan, khususnya di Fakultas Kedokteran Unusa. Ke depannya akan merambah ke bidang-bidang lainnya, seperti pendidikan, teknologi, dan ekonomi.

Rektor Unusa, Achmad Jazidie mengungkapkan, tahun 2018 Unusa telah membuka Program Profesi Dokter. Setelah melakukan pendidikan klinis di rumah sakit, ke depannya dokter muda Unusa akan melakukan praktik pengimplementasian di masyarakat.

Kompetensi yang di dapatkan para dokter muda Unusa, akan diterapkan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan.

"Para dokter muda masih harus melalui beberapa tahapan lagi sebelum benar-benar menjadi dokter yang professional. Salah satunya praktik (magang) di Puskesmas," tegasnya.

Selain itu, para dokter muda harus mempersiapkan untuk menghadapi uji kompetensi nasional. Karena di Indonesia sendiri banyak dokter muda yang belum lulus dalam tahapan uji kompetensi, sehingga belum bisa untuk melangkah dalam tahap praktik di masyarakat.

Jazidie meucapkan terima kasih kepada Pemkab Lamongan, yang telah membuka ruang kepada Unusa. Semoga ketika para dokter muda Unusa magang di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan, dapat memberikan keberkahan bagi seluruh warga Kabupaten Lamongan. Selain itu, melatih keterampilan dalam pelayanan di masyarakat.

"Para dokter muda dianjurkan untuk memanfaatkan waktu dengan maksimal di tempat magang ini, karena sangat berguna untuk melatih kesiapan dokter muda untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Semakin banyak dalam menghadapi berbagai macam kondisi pasien, maka semakin banyak pengetahuan mengenai bagaimana cara penyembuhan dan juga cara menghadapi pasien," tambahnya.

Bupati Lamongan, Fadeli mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Unusa yang telah mempercayai Kabupaten Lamongan sebagai mitranya. Salah satu bentuk nyata akan ada dokter muda Unusa yang akan magang di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan.

Tidak hanya itu, ke depannya di bidang pendidikan, teknologi dan ekonomi pun harus garap Unusa pula, karena di Unusa juga memiliki berbagai fakultas di sana.

"Adanya para dokter muda di Puskesmas di seluruh Kabupaten Lamongan, akan membantu pelayanan di Puskesmas. Saat ini Kabupaten Lamongan, memiliki 33 Puskesmas. Puskesmas tersebut siap ditempati dokter muda Unusa, dan di sana memiliki berbagai program inovasi di bidang pelayanan," ungkapnya.

Fadeli menambahkan, pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan pemerintah kabupaten untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Pemkab Lamongan, memiliki motto di bidang kesehatan, yaitu melakukan penangganan kesehatan melalui promotif dan preventif. "Kerjasama ini sangat membantu kami untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang kesehatan, khususnya di Puskesmas," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2814 seconds (0.1#10.140)