Truk Tangki Terguling di Bypass Mojokerto, Warga Jarah Minyak Goreng

Kamis, 11 Juli 2019 - 16:29 WIB
Truk Tangki Terguling di Bypass Mojokerto, Warga Jarah Minyak Goreng
Warga berebut menjarah minyak goreng dari truk tangki yang kecelakaan di Bypass Kenanten, Kabupaten Mojokerto. Foto/SINDOnews/Tritus Julan
A A A
MOJOKERTO - Truk tangki yang bermuatan minyak goreng mengalami kecelakaan dan terguling di Jalan Raya Bypass, Kenanten, Kabupaten Mojokerto, pada Kamis (11/7/2019).

Akibat kecelakaan tersebut, ribuan liter minyak goreng yang ada di dalam tangki tumpah ke jalan dan dijarah warga sekitar lokasi kecelakaan.

Informasi yang dihimpun di lokasi, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Mobil tangki dengan nomor polisi AG 9276 RC itu melaju dari arah timur dengan kecepatan sedang. Namun saat tiba di lokasi, as roda belakang kanan patah.

Truk tangki tersebut kemudian miring. Akibatnya, ribuan liter minyak goreng yang ada dalam tangki tumpah ke jalan. Warga yang mengetahui adanya kecelakaan itu sepontan langsung mengambil minyak goreng yang mengalir deras dari tutub bagian atas tangki.

Truk Tangki Terguling di Bypass Mojokerto, Warga Jarah Minyak Goreng


Dengan membawa ember, galon, serta plastik, puluhan warga hilir mudik berebut mengambil minyak goreng curah yang tumpah itu. Sementara petugas kepolisian yang berada di lokasi tersebut tidak bisa berbuat banyak. Petugas hanya mengamankan jalur agar tidak terjadi kecelakaan, lantaran minyak goreng memenuhi jalanan.

"Lumayan, sudah dapat lima ember. Bisa dibuat sendiri dan dibagi-bagikan ke tetangga," ujar Salah seorang warga, Zaenal Arifin saat ditemui di lokasi kejadian.

Meski berbahaya, lantaran kondisi jalan yang licin ditambah lokasi kecelakaan di Jalan Nasional, namun warga tak menghiraukannya. Mereka tetap berebut menjarah minyak goreng yang tumpah dari truk tangki tersebut.

Truk Tangki Terguling di Bypass Mojokerto, Warga Jarah Minyak Goreng


"Ya dari pada mubazir. Ini sudah dapat dua timba minyak goreng. Untuk kebutuhan sehari-hari," sambung warga lainnya Yahya Arifin sembari mengambil minyak goreng yang tumpah ke aspal dengan busa.

Sopir truk tangki, Samsul (46), asal Kediri, saat dikonfirmasi mengatakan, sebelum kecelakaan, ia mengambil minyak goreng dari wilayah Surabaya. Rencananya minyak goreng sebanyak 9.000 liter tersebut akan dibawa ke Kediri.

"Ini tadi mau ke Kediri. Pas nyampai sini, as roda bagian belakangnya patah. Jadi ambles tidak bisa menyangga akhirnya miring dan muatan minyak goreng tumpah," ujar Samsul kepada awak media.

Truk Tangki Terguling di Bypass Mojokerto, Warga Jarah Minyak Goreng


Samsul pun mengaku tidak mempersoalkan aksi warga yang menjarah minyak goreng yang tumpah dari truk tangki yang dikemudikannya itu. Sebab, tumpahan minya goreng itu tumpah ke jalanan dan membuat kondisi jalanan menjadi licin.

"Ya tidak apa-apa. Ini kan di jalanan tumpahnya, biar tidak tercecer ke jalan," pungkasnya.

Sementara itu, kecelakaan tersebut membuat arus kendaraan di jalan utama yang menghubungan Surabaya-Madiun itu tersendat. Lantaran tumpahan minyak goreng hampir memenuhi jalanan. Petugas PMK dibantu relawan terlihat mulai membersihkan tumpahan minyak goreng dengan semprotan air.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2163 seconds (0.1#10.140)