alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertamina Dorong Petani Budidayakan Padi SRI Organik

Lukman Hakim
Pertamina Dorong Petani Budidayakan Padi SRI Organik
Pertamina EP Asset 4 menggelar pelatihan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), program System of Rice Intensification (SRI) Organik. Foto/Istimewa

SURABAYA - Pertamina EP Asset 4 Field Cepu berupaya meningkatkan kesejahteraan warga sekitar lokasi perusahaan.

Salah satunya dengan menggelar pelatihan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB), program System of Rice Intensification (SRI) Organik.

Pekan lalu, perusahaan migas tersebut menggelar pelatihan PSRLB tahap 2 di Balai Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora.



Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari. Pelatihan ini diikuti 546 orang yang berasal dari Desa Bajo, Desa Tanjung, Desa Sogo, Desa Ngraho, Desa Wado Kecamatan Kedungtuban dan Desa Sumber Kecamatan Kradenan.

"Kami berharap dengan pelatihan ini produktivitas pertanian dan ekonomi masyarakat semakin meningkat,” kata Cepu Field Manager, Afwan Daroni, Sabtu (13/7/2019).

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, para petani dangat antusias belajaruntuk melestarikan lingkungan dengan system SRI organik. Dari apa yang sudah didapat warga dari pelatihan, maka akan menjadi tugas pemerintah untuk memajukan pertanian SRI organik. Pemasaran, kata dia, menjadi poin penting. Sebab, jika hulu sudah berjalan namun hilirnya tidak berjalan semestinya, maka akan sia-sia. "Kami berharap dan usahakan agar produk beras organik ini ke depannya dapat dikonsumsi sampai wilayah Blora, Jawa Tengah hingga ekspor,” kata Arief.

Ketua Kelompok Tani Bina Alam Sri, Surat mengaku awalnya sempat pesimistis dengan program System of Rice Intensification (SRI) Organik. Dia berpikir bahwa sistem organik rumit dan mahal. Namun setelah setahun merasakan banyak manfaatnya, dirinya dan kelompoknya justru semakin gigih untuk menggalakkan SRI organik.

“Agar kelompok tani makin maju, selain butuh dukungan legalitas, kami juga butuh fasilitas uji laboratorium organic terkait produk yang dihasilkan," kata dia.

SRI organik merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi. Di beberapa tempat, SRI dilaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat. Metode ini akan meningkatkan fungsi tanah sebagai media tumbuh dan sumber nutrisi tanaman. Dengan sistem SRI organik daur ekologis akan berlangsung dengan baik karena memanfaatkan mikroorganisme tanah secara natural.



(nth)

loading...