alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wow, 25.000 Nasi Buwuhan Pecahkan Rekor MURI di Bojonegoro

Aan Haryono
Wow, 25.000 Nasi Buwuhan Pecahkan Rekor MURI di Bojonegoro
Sebanyak 25.000 Nasi Buwuhan dibagikan ke masyarakat di Kabupaten Bojonegoro. Foto/SINDOnews/Aan Haryono

BOJONEGORO - Kekayaan kuliner nusantara tak pernah mati. Sebanyak 25.000 Nasi Buwuhan berhasil memecahkan rekor MURI di Bojonegoro Thengul International Folklore Festival, Minggu (14/7/2019).

Nasi Buwuhan merupakan kuliner khas Bojonegoro yang sebelumnya hanya bisa diperoleh pada saat hajatan. Nasi penghantar yang dibawa pulang dari acara pernikahan, sunatan serta kegiatan hajatan lainnya.

Namun, katanya, Nasi Buwuhan sekarang menjadi makanan yang merakyat karena bisa disantap setiap hari. Rasanya yang khas dengan bahan asli Bojonegoro menjadi keunggulan tersendiri.



Nasi Buhuwan berbentuk seperti lontong yang dibungkus dengan daun jati yang sudah didasari daun pisang. Dalam sajiannya, Nasi Buwuhan ada buah papaya muda atau blonceng ditambah kacang tolo dibumbu kuning tanpa santan, momoh tempe lombok, daging bumbu terik dan srundeng kering.

Dengan penyajian 25.000 Nasi Buwuhan ini, maka seluruh warga Bojonegoro yang hadir bisa menikmati hidangan ini bersama-sama, baik tamu lokal dan mancanegara.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menuturkan, pihaknya ingin menegaskan ikon budaya Bojonegoro di dengan Nasi Buwuhan sebagai ikon kuliner nusantara.

"Nasi Buwuhan ini mendukung promosi Pinarak Bojonegoro yang sedang kami jalankan,” kata Anna.

Dia menjelaskan, Bojonegoro Thengul International Folklore Festival juga meningkatkan kunjungan wisata ke Bojonegoro, baik wisatawan lokal maupun internasional.



(nth)

loading...
Berita Terkait