Mulai Besok, Langit Jatim Penuh Deru Jet Tempur, Ada Apa?

Senin, 15 Juli 2019 - 12:58 WIB
Mulai Besok, Langit Jatim Penuh Deru Jet Tempur, Ada Apa?
Pesawat tempur canggih, Sukhoi 27/30 TNI AU, melakukan manuver di Lanud Iswahjudi. Foto/Ist.
A A A
MADIUN - Mulai besok Selasa 916/7/2019), pesawat-pesawat tempur super canggih milik TNI AU, akan kembali menderu dan adu ketangkasan di langit Jawa Timur (Jatim).

Puluhan pesawat tempur canggih ini, hadir di Lanud Iswahjudi, dan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, untuk melaksanakan latihan tempur TNI AU, Angkasa Yudha 2019.

Persiapan untuk menggelar latihan tempur Angkasa Yudha 2019, menurut Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi, Letkol Sus. Hamdi Londong Alo sudah dilaksanakan dengan apel gelar pasukan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Komando Operasi TNI AU II, Marsda TNI Dony Ermawan.

"Latihan Angkasa Yudha, merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan TNI AU, dengan melibatkan semua alat utama sistem senjata (Alutsista) baik tempur, angkut, heli, maupun radar, serta satuan Paskhas TNI AU," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 51 pesawat tempur canggih TNI AU juga telah menggelar latihan pertempuran udara di Lanud Iswahjudi, dalam latihan gabungan Mission Oriented Training (MOT).

Latihan MOT melibatkan pesawat unsur tempur, angkut, dan hely, dari 10 skadron udara terdiri dari Skadron Udara 1, Skadron Udara 3, Skadron Udara 6, Skadron Udara 8, Skadron Udara 11, Skadron Udara 12, Skadron Udara 15, Skadron Udara 16, Skadron Udara 31, dan Skadron Udara 32, serta juga melibatkan Ground Control Interception (GCI) maupun Ground Forward Air Controller (GFAC)

Kesemua skadron tempur ini, beradu ketrampilan dalam skenario latihan yang memadukan ketrampilan individu, kerjasama, ketelitian, kecermatan, keakuratan dari semua unsur pesawat tempur, termasuk radar dan tim pengendali tempur Paskhas TNI AU sehingga terbentuk kekuatan besar dalam operasi udara.

Hamdi Londong menyebutkan, setelah berakhirnya Latihan MOT, Lanud Iswahjudi kini menjadi home base puncak latihan tertinggi TNI AU Angkasa Yudha 2019, yang digelar Selasa-Jumat (16-19/7/2019), dan direncankan akan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Sebelumnya, Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra dalam peninjauan di gedung ACMI memberikan keterangan, bahwa sasaran yang hendak dicapai dalam latihan-latihan ini, salah satunya mencapai profesionalisme penerbang tempur, kerjasama dan juga memahami konektivitas jaringan dalam sebuah pertempuran modern dalam operasi udara.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6851 seconds (0.1#10.140)