Bertanding di Lebanon, Prajurit TNI Raih Juara Umum Renang

Senin, 15 Juli 2019 - 15:14 WIB
Bertanding di Lebanon, Prajurit TNI Raih Juara Umum Renang
Satgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL kembali meraih juara umum dalam kejuaraan renang antar negara di Lebanon. Foto/Ist.
A A A
LEBANON - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt Yonmek TNI Konga XXIII-M/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) meraih juara umum renang.

Prestasi membanggakan ini diraih para prajurit terbaik TNI, saat berlaga dalam kejuaraan UNIFIL Swimming Competition 2019, yang digelar di Lebanon.

Kompetisi tahunan ini, diikuti oleh perwakilan dari negara-negara yang tergabung dalam UNIFIL dengan tujuan menciptakan interaksi di antara peacekeepers, serta menjalin ikatan persahabatan dan kekerabatan yang kokoh dalam mencapai tugas pokok sebagai penjaga perdamaian di Lebanon.

Lima medali emas yang berhasil diraih para perenang Satgas Indobatt, di antaranya dipersembahkan oleh Letda KH (W) dr. Nabila, Pratu Sukrijal, Pratu Nicholzon Fernandes dengan dua medali emas, dan medali emas terakhir berhasil disumbangkan tim estafet 4 x 40 meter gaya ganti putra.

Selain medali emas, para perenang Satgas Indobatt juga berhasil menambahkan pundi-pundi medali di nomor lainnya, yakni tiga perak dan tiga perunggu.

Penyerahan gelar juara umum untuk pasukan Satgas Indobatt ini dilakukan oleh Chief Of Staff UNIFIL Brigadier General Frederic Boucher, yang sekaligus bertidak sebagai inspektur upacara dalam penutupan rangkaian kegiatan lomba.

Turut hadir dalam upacara penutupan kegiatan lomba tersebut, Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf. Aji Mimbarno, yang secara langsung memberikan ucapan selamat kepada seluruh kontingen renang Satga Indobatt.

Koordinator tim renang Satgas Indobatt, Kapten Laut (PM) Ayun Wahyuni mengatakan, keberhasilan timnya tidak terlepas dari kedisiplinan yang selalu ditanamkan kepada prajurit Satgas Indobatt, untuk tetap membina fisik selama masa penugasan.

"Karena semuanya selalu menjaga kondisi fisiknya, maka menjelang pelaksanaan lomba seluruh perenang tinggal dibekali sedikit teknik dan taktik sudah mampu menciptakan hasil yang baik," ujarnya.

Pratu Nicholzon mampu menyumbangkan dua medali emas dinomor perorangan 40 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya bebas, serta turut memastikan satu medali emas lagi dinomor estafet gaya ganti putra.

Dansatgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL, Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya yang juga turut menyaksikan keberhasilan tersebut, sangat mengapresiasi semangat dan mental bertanding yang ditunjukan para prajurit Indobatt yang tidak mengenal menyerah dalam berjuang untuk mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia di kancah internasional.

"Keberhasilan dalam meraih juara umum bukanlah suatu hal yang mudah, butuh kerja keras dan perjuangan untuk meraihnya, sehingga wajar bila dari apa yang mereka lakukan kita berikan apresiasi yang tinggi untuk prestasi ini dengan menggelar acara tradisi penyambutan saat tim kembali ke markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr," tuturnya.

Acara tradisi penyambutan bagi para juara ini, menurutnya sangat penting. Di samping sebagai penghormatan dan kebanggaan bagi para juara, hal ini juga akan menjadikan semangat dan motivasi kepada prajurit lainnya untuk tetap berlomba dalam mengukir prestasi lainnya dimasa mendatang.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5898 seconds (0.1#10.140)