alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serunya Bermain Permainan Tradisional Saat Pertama Masuk Sekolah

Ali Masduki
Serunya Bermain Permainan Tradisional Saat Pertama Masuk Sekolah
Pelajar SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya, menikmati permainan tradisional saat pertama masuk sekolah, Selasa (16/7/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya, memiliki cara tersendiri untuk mengakrabkan peserta didiknya. Saat pertama masuk sekolah, Selasa (16/7/2019), siswa-siswi baru diajak bermain permaianan tradisional.

Ketua pelaksana Layanan Orientasi Siswa (LOS), Anjar Ayu Utami menuturkan, permainan tradisional ini diyakini bisa menjadi salah satu media untuk menjalin keakraban antar siswa.

"Melalui permaianan ini diharapkan bisa menjadi media saling mengenal dan beradaptasi dengan teman baru, serta kearifan lokal yang ada di lingkungan barunya," katanya di kompleks Character Activity Center SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya.



Menurutnya, jika peserta didik menggandrungi permainan warisan leluhur ini, maka kecanduan gadget dengan sendirinya lambat laun akan berkurang.

"Arena anak-anak sekarang ini lebih suka bermain gadged, game dan lain-lain, maka kita juga mengenalkan pada anak-anak permainan yang menyenangkan dan menyehatkan termasuk permaian tradisional ini,"ujarnya.

Selama mengikuti proses bermaian, siswa-siswi nampak asyik dan bebas berteriak. Para gurupun sabar mengajarkan satu persatu permainan tradisional pada siswa.  Mereka memainkan berbagai permainan tradisional mulai dari engklek, lompat tali, bakia, bola bekel, hingga dakon.



(msd)

loading...