Besok Kalimas Bakal Dipenuhi Warna-warni 300 Perahu Naga

Jum'at, 19 Juli 2019 - 16:40 WIB
Besok Kalimas Bakal Dipenuhi Warna-warni 300 Perahu Naga
Perahu naga menjadi objek wisata menarik di Kalimas. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SURABAYA - Pesona Kalimas kembali menjadi medan adu cepat perahu naga. Sebanyak 300 perahu naga akan beradu cepat dalam lomba Dayung Perahu Naga Fun and Game.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, sengaja membuat agenda rutin tahunan ini sebagai bentuk komitmen mencari bibit atlet dayung. Acara seru ini, bakal digelar besok Sabtu (20/7/2019).

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Dispora Kota Surabaya, Arief Setia Purwanto menuturkan, kegiatan ini akan diselenggarakan selama dua hari di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Kota Surabaya, atau tepatnya di Sungai Kalimas.

"Lomba kali ini diikuti sebanyak 300 hingga 400 peserta pria dan wanita yang terdiri dari 30 tim," kata Arief, Jumat (19/7/2019).

Ia melanjutkan, para peserta itu berasal dari para pelajar, mahasiswa, anggota TNI dan Polri. Menurutnya, lomba dayung ini akan berlangsung kompetitif. Sebab, peserta akan bertanding adu cepat di atas air dengan panjang lintasan lomba sekitar 200 meter.

"Hari pertama akan diambil 10 tim tercepat dan kemudian pada Minggu akan dilangsungkan final," katanya.

Arief menambahkan, diselenggarakannya perahu naga fun and game bertujuan sebagai ajang silaturahim antar pecinta olahraga air seperti dayung. Selain itu, untuk menanamkan rasa kepeduliaan masyarakat terhadap Sungai Kalimas, dan pastinya untuk menarik minat wisatawan datang ke Surabaya.

"Melalui acara ini kami juga ingin menegaskan ke masyarakat bahwa Sungai Kalimas selain dapat digunakan wisata air, juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air," ucapnya.

Ia berharap melalui cara ini mampu memunculkan atlet-atlet muda dari Kota Surabaya, yang nantinya menorehkan prestasi, baik di level regional maupun internasional. Tak hanya itu, acara ini juga diharap mampu menjauhkan anak-anak muda dari kenakalan remaja seperti narkoba.

"Nantinya para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan dengan total hadiah mencapai Rp51 juta," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3366 seconds (0.1#10.140)