alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Musim Kemarau Harga Cabai Rawit di Mojokerto Melejit

Tritus Julan
Musim Kemarau Harga Cabai Rawit di Mojokerto Melejit
Pedagang cabai di Pasar Tanjunganyar, Kota Mojokerto, mulai mengeluhkan tingginya harga cabai. Foto/SINDOnews/Tritus Julan

MOJOKERTO - Harga cabai rawit di Pasar Tanjunganyar, Kota Mojokerto, meroket. Saat ini, harga si pedas ini mencapai Rp70.000 per kilogramnya, Jumat (18/7/2019).

Salah seorang pedagang Pasar Tanjunganyar Kota Mojokerto, Arifin (42) mengatakan, kenaikan harga cabai rawit ini benar-benar cukup signifikan. Dari yang semula Rp25.000 per kilogram.

"Sekarang harganya Rp70.000 per kilogram. Kenaikan ini terjadi sejak awal Juli, sekitar dua pekan ini," kata Arifin kepada sejumlah awak media, Jumat (19/7/2019).



Melonjaknya harga cabai rawit ini, lanjut Arifin, membuat omzet penjualannya terjun bebas. Dalam sehari, ia hanya bisa menjual cabai rawit sekitar 10 kilogram.

"Padahal sebelumnya, sehari biasanya habis 20-25 kilogram. Karena sekarang mahal, jadi penjualan banyak menurun," jelas pria yang sudah berdagang bumbu dapur sejak tahun 1997 ini.

Dikatakan Arifin, kenaikan harga ini disebabkan karena minimnya stok di pasar. Menurutnya, selama dua pekan ini, para pedagang sedikit mengalami kesulitan untuk mendapatkan cabai rawit.

"Stoknya minim. Mungkin karena kemarau jadi sulit sekali mendapatkan cabai rawit," terang pedagang asal Kelurahan Balongsari, Kota Mojokerto ini.

Pedagang lain, Ahmad Fatoni menuturkan, stok cabai rawit di Pasar Tanjunganyar Kota Mojokerto ini merupakan kiriman dari luar jawa. Sebab, kiriman cabai rawit dari petani Kecamatan Dawarblandong minim.

"Cabai di sini memang kiriman dari Sulawesi. Kalau kualitasnya sama baik, tapi cuma sulit saja mendapatkan barang," paparnya.

Fatoni berharap, pemerintah segera mengambil langkah terkait dengan mahalnya harga cabai ini. Sebab, dengan kenaikan ini, para pedagang yang dirugikan. Karena penjualan berkurang.

"Ya mau bagaimana lagi. Karena pembeli yang mengurangi jumlah pembelian. Kalau sebelum kenaikan, sehari saya bisa menjual 5 kuintal, sekarang mentok 3 kuintal," pungkasnya.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif