alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Keseruan Saat Sang Marsekal Makan Bersama 'Tentara Langit'

Yuswantoro
Ini Keseruan Saat Sang Marsekal Makan Bersama Tentara Langit
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, membaur dengan para prajurit TNI AU untuk makan bersama di sela-sela penutupan Latihan Angkasa Yudha 2019. Foto/Ist.

MADIUN - Ada keseruan dan rasa kebersamaan di tengah penatnya pelaksanaan latihan Angkasa Yudha 2019 yang dipusatkan di Lanud Iswahjudi, Jumat (19/7/2019).

(Baca juga: Hari Ini 40 Pesawat Tempur TNI AU Terlibat Pertempuran Sengit)

Keseruan itu terjadi di dapur lapangan tempat digelarnya latihan terbesar TNI AU, saat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, membaur para 'Tentara Langit' untuk makan bersama.



Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran, tetapi tanpa dukungan logistik pertempuran tidak dapat dimenangkan, demikian semboyan logistik yang merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah operasi militer.

Ini Keseruan Saat Sang Marsekal Makan Bersama Tentara Langit

"Saya bangga dengan semangat kalian semua, baik Paskhas maupun penerbang telah menunjukkan profesionalisme, seperti tadi malam telah melakukan HAHO (high altitude High Opening) dan melakukan inlfiltrasi di Satrad Ploso, dan kali ini kalian sudah dapat rasakan dapur lapangan yang telah kalian santap dan cukup baik," ujar sang marsekal.

Sebelum melaksanakan peninjauan dapur lapangan, Kasau terlebih dahulu meninjau latihan perang elektonika (Pernika) seperti jammer GPS, anti drone, mobil DF (direction finder), communication jammer mobile, serta smart hunter, recovery run way dari Satharlan (Satuan Pemeliharaan Pangkalan) Disfaskonua.

Yuyu Sutisna selaku pimpinan umum latihan Angkasa Yudha 2019, bersama Dirlat Marsda TNI Donny Ermawan, dan Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, seluruh tim Komando Latihan (Kolat), serta peserta latihan makan siang bersama, dengan menu masakan hasil olahan tim dapur lapangan TNI AU.

Ini Keseruan Saat Sang Marsekal Makan Bersama Tentara Langit

Keberadaan dapur lapangan terdiri dari tiga unit kendaraan roda empat yang didesain khusus. "Mobil pertama berfungsi sebagai dapur untuk memasak, mobil kedua sebagai genset pemasok tenaga listrik, dan mobil ketiga sebagai tangki penampung air," kata Kepala Tim Dapur Lapangan, Mayor Kal. Rio.

"Dengan dibantu 22 orang juru masak, dapur lapangan mampu menyiapkan 500 porsi makanan dalam waktu dua jam," ujarnya. Menunya bervariasi, tergantung jenis dukungan yang diberikan.

Pada kegiatan latihan Angkasa Yudha 2019 ini, dapur lapangan Denma Mabesau menyajikan menu nasi putih, ayam, daging, lauk pendamping, mie, sayuran, buah, sambal, dan kerupuk.



(eyt)

loading...