Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri HUT RI Ke-74

Minggu, 21 Juli 2019 - 18:57 WIB
Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri HUT RI Ke-74
Jelang HUT RI ke 74 tahun, Pemerintah menggelar Sosialisasi Festival Gapura Cinta Negeri di Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTAM - Pemerintah lomba Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-74 kemerdekaan RI.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan semangat persatuan dan sikap nasionalis masyarakat. Pemerintah menyiapkan hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang lomba.

Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri, Prabawa Eka Soesanta, mengatakan selain mendapatkan uang senilai ratusan juta rupiah, peserta juga akan mendapatkan piagam dan piala bergilir presiden.

Dia menjelaskan, lomba mempercantik gapura ini akan berlangsung 17 Juli-17 Agustus. Masyarakat bisa mengakses segala yang berkenaan kegiatan ini dalam situs resmi panitia yaitu www.gapuracintanegeri.com.

“Syaratnya sederhana cukup menyertakan 10 foto minimal dan mengunggahnya di laman resmi tersebut,” kata Prabawa melalui pesan elektronik yang diterima SINDOnews, Minggu (21/7/2019).

Terkait kategori, Prabawa menjelaskan, terdapat dua kategori yaitu kelompok umum dan kategori khusus seperti instansi, perusahaan, perguruan tinggi dan lembaga. Hanya akan ada 10 pemenang dari kategori umum dan tiga pemenang untuk kategori khusus.

Prabawa membeberkan salah satu kriteria penilaian mutlak adalah peserta akan dinyatakan kalah jika apabila beberapa lambang yang menjadi kelengkapan seperti bendera merah Putih dan lambang-lambang lain tidak ada dalam tampilan gapura tersebut.

Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini terselenggara berkat kerjasama Kemendagri dan Kemensetneg.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menambahkan perayaan festival gapura ini sekaligus menumbuhkan kembali kebiasaan yang sebelumnya pernah ada. Diharapkan festival ini juga menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat.

"Bahwa festival ini sebetulnya menghidupkan kebiasaan dulu setiap menjelang hari HUT itu di setiap Gapura RT/RW pernah ada dan itu meriah sekali. Itu sudah lama hilang. Semoga semangat gotong royong yang sifatnya inklusif, akan menampilkan ciri dari masing-masing daerah dan Kreativitas mereka bisa dikembangkan," kata Triawan.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7960 seconds (0.1#10.140)