Khofifah Ingatkan Pentingnya 4 Pilar Bangsa Bagi Siswa Ma'arif

Senin, 22 Juli 2019 - 11:45 WIB
Khofifah Ingatkan Pentingnya 4 Pilar Bangsa Bagi Siswa Maarif
Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan pentingnya empat pilar bangsa bagi siswa di Yayasan Pendidikan Maarif.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SIDOARJO - Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan siswa baru Yayasan Pendidikan Ma'arif (YPM) memahami dan mengamalkan prinsip dasar empat pilar bangsa.

Yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) , Pancasila, UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika. Karena YPM terafiliasi dengan lembaga pendidikan NU maka harus ditanamkan juga nilai- nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yaitu sebuah metodologi pemahaman keagamaan yang mengajarkan keseimbangan, keadilan, moderasi dan toleransi.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan pengarahan dihadapan 5.000 siswa baru Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) di YPM Center Sidoarjo, Minggu (21/7/2019). "

Anak- anakku, sebagai bangsa Indonesia, warga Indonesia , maka menjadi kebutuhan kita untuk memahami dan menerapkannya apa yang dikenal empat pilar bangsa yaitu NKRI , Pancasila, UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika dan ditambahkan Aswaja 'ala Nahdlatul Ulama," katanya.

"Berbagai prinsip dasar ini menjadi penting, karena jika nanti kalian melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri makan ini bekal kalian agar ke Indonesiaan kalian tetap utuh. Tunjukkan dan tanamkan selalu di hati dan pikiran kalian bahwa kalian adalah Indonesia, kalian Merah Putih ," sambungnya.

Khofifah menyatakan, Indonesia harus bersiap diri menyongsong generasi emas pada 2045. "Jika saat ini anak-anak berada pada jenjang sekolah di SMP dan SMA maka nanti di Tahun 2045 akan jadi para sarjana yang lulus berkuliah di dalam dan luar negeri dan menjadi orang hebat, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI, POLRI, Tokoh Agama, pelaku bisnis dan lain sebagainya," tegasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3525 seconds (0.1#10.140)