alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember

Yuswantoro
Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember
Tim Cobra Polres Lumajang, bekerjasama dengan jajaran Resmob Polres Jember, melakukan penggerebekan rumah buronan penadah motor bodong. Foto/Ist.

JEMBER - Usaha keras Tim Cobra Polres Lumajang, membongkar jaringan pelaku begal dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terus berlanjut hingga ke Jember.

Bekerjasama dengan Resmob Polres Jember, Tim Cobra Polres Lumajang, berupaya menangkap Sugeng seorang buronan jaringan begal dan curanmor, yang merupakan warga Desa Kali Glagah, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember.

Upaya penggrebekan ini dilakukan Tim Cobra Polres Lumajang, bersama resmob Polres Jember, pada Senin (22/7/2019) pagi. Selain terlibat jaringan kasus begal dan curanmor, Sugeng diduga juga terlibat jaringan kasus perampokan.



Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember

Menurut Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, penggrebekan rumah Sugeng ini dilakukan berdasarkan hasil pengembangan penyelidikan terhadap tersangka Nurun Ain (50) yang tertangkap beberapa hari lalu di Kabupaten Lumajang.

"Dari penyelidikan sementara, tersangka Nuru Ain ini telah melakukan aksi perampokan di 24 tempat kejadian perkara (TKP), dan berhasil menggondol 24 motor yang semuanya dijual ke Sugeng," terang Arsal.

Selain dari tersangka Nurul Ain, buronan ini juga terhubung dengan kelompok Rohmat yang telah ditangkap oleh Tim Cobra Polres Lumajang beberapa bulan lalu. Kelompok Rohmat melakukan aksi perampokan di sembilan TKP, dan hasilnya juga dijual kepada Sugeng.

Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember

Sebelum proses penggrebekan yang dipimpin sendiri oleh Arsal. Gabungan Tim Cobra Polres Lumajang, dan Resmob Polres Jember, melakukan koordinasi di Mapolsek Jatiroto, Kabupaten Lumajang, mengingat wilayah yang akan digrebek sangat berbahaya.

"Wilayah yang akan kita masuki merupakan daerah berbahaya, sehingga setiap anggota harus meningkatkan kewaspadaan. Sedikit saja kita lengah, maka fatal resikonya," tegas alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 tersebut.

Aparat gabungan ini akhirnya dibagi dalam tiga kelompok yang terdiri dari tim pendobrak, penggeledah, dan pengepung. "Sistem kerja tim harus cepat, dan tepat. Saling melindungi, dan secepat mungkin kita keluar dari lokasi," ujar Arsal.

Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember

Tim pengepung mengawasi wilayah sekitar, sementara tim pendobrak maju untuk melakukan penangkapan, dan disusul dengan tim penggeledah. Selama ini pelaku diduga memiliki senjata bondet, dan senjata rakitan.

Saat dilakukan pengepungan, terlihat ada seseorang yang kabur ke arah kebun kopi di belakang rumah tersangka. Saat dilakukan pengejaran, petugas kehilangan jejak pelaku, namun ditemukan banyak sekali barang bukti di rumah tersangka Sugeng.

"Sayang sekali kami tidak berhasil menangkap Sugeng, namun kami menemukan banyak barang bukti dan salah satu barang bukti ini cukup membuat saya kaget, barang bukti tersebut adalah sarung senjata. Saya berpendapat bahwa tersangka memiliki senjata api rakitan yang bisa saja disalahgunakan untuk tindak kejahatan," ungkap Arsal.

Mencekam, Tim Cobra Grebek Sarang Rampok Hingga ke Jember

Selain itu, juga ditemukan tiga buah celurit, Sembilan motor bodong. Motor bodong tersebut, ditemukan di sekitar rumah Sugeng, satu di antaranya disembunyikan di kebun kopi.

Seluruh barang bukti tersebut diserahkan ke Polres Jember, karena penemuannya berada di wilayah hukum Polres Jember, sehingga tindakan hukumnya juga akan dilakukan oleh Polres Jember. "Kolaborasi ini sangat bagus dalam memutus rantai curanmor di Lumajang, dan Jember," ungkap Arsal.

Kasatreskrim Polres Lumajang, yang juga Ketua Tim Cobra Polres Lumajang, AKP Hasran Cobra mengatakan, koordinasi intensif dengan Polres Jember terus dilakukan. "Kami banyak dibantu oleh jajaran Polres Jember, dalam mengidentifikasi rumah Sugeng," tegasnya.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif