Unusa Gembleng 73 Mahasiswa PPG-SD, Ini Tujuannya

Jum'at, 26 Juli 2019 - 19:31 WIB
Unusa Gembleng 73 Mahasiswa PPG-SD, Ini Tujuannya
Pembekalan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan serah terima mahasiswa PPG-SD ke sekolah mitra, di Unusa Tower Lt.3 Kafe Fastron, Jumat (26/7/2019). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar (PPG-SD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan pembekalan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan serah terima mahasiswa PPG-SD ke sekolah mitra, Jumat (26/7/2019).

Acara yang diikuti 73 mahasiswa PPG-SD Dalam Jabatan (Daljab) tahap II dan 18 sekolah mitra SD negeri dan swasta ini dibuka oleh Rektor Unusa Profesor Achmad Jazidie.

Rektor berpesan kepada mahasiswa agar benar-benar memanfaatkan waktu PPL untuk saling sharing pengalaman dengan sekolah mitra.

"PPL adalah tahap dimana mahasiswa mengimplementasikan ilmunya yang berkaitan dengan empat kualifikasi akademik sebagai seorang pendidik, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional," tegas Jazidie.

Pada kesempatan ini ada satu perwakilan sekolah mitra memberikan pesan dan kesan berkaitan pelaksanaan PPL Tahap I.

Perwakilan SD Khadijah Wonokromo, Syifaul Khoir, menyampaikan bahwa mahasiswa Unusa bisa bersaing dengan mahasiswa yang lain dari kampus negeri. Bahkan mahasiswa Unusa lebih cepat beradaptasi dengan sekolah.

“Berdasarkan penilaian tim independen kami yang dibentuk yayasan secara objektif mahasiswa Unusa unggul dan mengusai empat kompetensi akademeik sebagai pendidik”, katanya.

Koordinator PPG-SD Unusa, Nafiah, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas agar mahasiswa lulusan PPG-SD Unusa benar-benar menjadi guru professional sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Kami terus mengevaluasi setiap angkatan agar kekurangan-kekuarangan bisa kami perbaiki. Ada yang spesial bagi kami, Jika Mahasiswa PPG-SD Daljab tahap II semua berasal dari Madura tahap V kali ini Unusa mendapatkan mahasiswa dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Artinya kami dipercaya kementerian untuk menggembleng mereka menjadi guru Profesional,"ujarnya.

Untuk diketahui Unusa kembali mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Riset dan Teknologi, kali ini Unusa dipercaya sebagai pelaksana Program Pendidikan Profesi Guru Sekolah dasar (PPG-SD).

Pada 21 Janurai 2019 Unusa diamanahi peserta PPG-SD dalam jabatan (Daljab) tahap I, kemudian pada 5 April 2019 Unusa kembali diamanahi peserta PPG-SD Daljab tahap II.

Hingga saat ini, memasuki PPG-SD tahap 5 yang sedang berlangsung proses pembelajaran Dalam Jaringan atau biasa dikenal dengan Pembelajaran Daring.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2030 seconds (0.1#10.140)