4.308 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi UB

Sabtu, 27 Juli 2019 - 11:30 WIB
4.308 Calon Mahasiswa Ikut Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi UB
Universitas Brawijaya (UB) Malang, menggelar seleksi mahasiswa baru jalur mandiri untuk pendidikan vokasi 2019. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) Malang, menggelar ujian tulis jalur seleksi mandiri pendidikan vokasi. Tes ini dilakukan untuk menerima calon mahasiswa baru.

Mereka akan menempuh pendidikan tinggi, untuk Program Ahli Madya, dan Program Sarjana Terapan dengan tujuan meningkatkan potensi, kemampuan, serta ketrampilan di bidang tertentu.

Peserta ujian ini akan mengisi tiga Program Studi Ahli Madya, yaitu D3 Administrasi Bisnis, D3 Keuangan dan Perbankan, dan D3 Teknologi Informasi, serta dua Program Sarjana
Terapan yaitu, D4 Manajemen Perhotelan, dan D4 Desain Grafis.

Pendaftar seleksi mandiri pendidikan vokasi tahun ini sejumlah 4.308 orang. Meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 2.079 peserta. Adapun daya tampung tahun ini sebanyak 995 mahasiswa. Peminat program studi terbanyak yaitu Program Studi Keuangan Perbankan Bidang Minat Perhotelan dengan jumlah peminat 357 orang.

Mengenai seleksi tahun ini, Ketua Program Vokasi, Darmawan Octo Sucipto menyampaikan, pemerintah sangat berharap pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, melalui
vocational education program.

"Oleh karena itu, sangat tepat Visi dan Misi Pendidikan Vokasi UB Malang, mencetak insan cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Lulusan vokasi UB akan dibekali juga dengan sertifikat kompetensi di bidangnya," jelas Darmawan.

Tes tulis dilakukan di beberapa lokasi di kampus UB seperti gedung Vokasi, gedung Fakultas Ilmu Administrasi, gedung Fakultas Ilmu Komputer, dan gedung Widyaloka.

Selain ujian tulis yang meliputi pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, khusus untuk pendaftar Bidang Minat Perbankan juga mendapat penilaian dari penampilan. Tes penampilan ini dilakukan langsung oleh Bank Central Asia (BCA).

Sementara itu bagi pendaftar sarjana terapan yang memilih Program Studi Desain Grafis
(Bidang Minat Desain Komunikasi Visual dan Bidang Minat Desain Interior) diwajibkan
membawa Potofolio sebagai salah satu kriteria penilaian.

"Informasi hasil seleksi mandiri pendidikan vokasi, diumumkan pada tanggal 30 Juli 2019 dan dapat dilihat melalui laman www.selma.ub.ac.id," pungkas Darmawan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1223 seconds (0.1#10.140)