360 Prajurit TNI AD Jadi Warga Baru Divif 2 Kostrad

Minggu, 28 Juli 2019 - 09:59 WIB
360 Prajurit TNI AD Jadi Warga Baru Divif 2 Kostrad
Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto memimpin upacara peberimaan warga baru Divif 2 Kostrad. Foto/Ist.
A A A
PASURUAN - Goa Antaboga yang ada di lereng Gunung Arjuna, Dusun Tambakwatu, Desa Tambaksari, Kabupaten Pasuruan, menjadi saksi kehadiran anggota baru Divif 2 Kostrad.

Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto memimpin langsung jalannya upacara penutupan tradisi penerimaan warga baru Divif 2 Kostrad tahun 2019.

Puncak acara tradisi Divif 2 Kostrad di Gunung Arjuna ini, adalah merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan pembinaan tradisi yang sudah dijalani selama kurang lebih dua minggu.

Pembinaan tradisi ini bertujuan menjadikan prajurit Divif 2 Kostrad yang memiliki kondisi moril, dan moral yang tinggi sebagai prajurit profesional penjaga kedaulatan Indonesia.

Kegiatan ini juga bertujuan menanamkan jiwa korsa, soliditas, semangat pengabdian, serta menumbuhkan rasa memiliki, kecintaan dan kebanggaan sebagai prajurit Divif 2 Kostrad, yang memegang teguh pada panji satuan "Vira Cakti Yudha", yang berarti "Kesatria yang Tangguh di Medan Laga".

Sebelumnya, 360 personel warga baru yang terdiri dari perwira menengah, perwira pertama, bintara, dan tamtama telah melakukan jalan kaki sejauh 116 Km dari Markas Divif 2 Kostrad di Singosari, Kabupaten Malang, hingga ke Gunung Arjuna dari sisi Kabupaten Pasuruan.

"Sesuai dengan ikrar prajurit Vira Cakti Yudha, yang baru saja kalian ucapkan. Saya berharap kepada para peserta tradisi sekalian, bahwa jati diri, karakter, watak dan perilaku Vira Cakti Yudha harus benar-benar diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, jangan coba-coba kalian mengkhianati dan merusaknya," tegas Tri Yuniarto.

Jenderal bintang dua ini juga mengatakan, tradisi ini sebagai cerminan dari sikap juang sebagai prajurit, cerminan dari rasa cinta tanah air, guna memupuk rasa kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sehingga kesemuanya itu akan membentuk jiwa korsa prajurit Divif 2 Kostrad.

"Selain itu, momentum diterimanya kalian sebagai warga Divif 2 Kostrad ini agar dapat dijadikan sebagai sarana untuk merefleksikan pengabdian dan dedikasi, sehingga Satuan Divif 2 Kostrad akan terus menjadi salah satu kekuatan Kostrad yang dapat diandalkan," tegasnya.

Dia meminta para prajurit yang menjadi warga baru ini, selalu meningkatkan profesionalisme keprajuritan dengan terus berlatih baik secara perorangan maupun satuan, agar senantiasa mampu dalam menjawab setiap tantangan tugas yang akan dihadapi.

"Tempatkan tugas sebagai kehormatan diri dan kebanggaan dengan selalu memelihara dan menjaga citra satuan dimanapun berada dan bertugas, dengan selalu mempedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam setiap tindakan, perkataan dan perbuatan," imbuh Pangdivif 2 Kostrad diakhir amanatnya.

Usai melaksanakan upacara penutupan, Tri Yuniarto melaksanakan penanaman pohon di lokasi tersebut. "Dengan menanam pohon, akan memberikan dampak positif terhadap kelangsungan fungsi ekosistem dan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan ini," tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto, Asren Divif 2 Kostrad, dan para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad, Kepala KPH Kabupaten Pasuruan, Camat Purwodadi, Danramil, dan Kapolsek Purwodadi, serta Kepala Desa dan Tokoh Agama Desa Tambaksari.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.7238 seconds (0.1#10.140)