Jaga Kesehatan Hewan, FKH UB Lakukan Sensus dan Pemeriksaan

Selasa, 30 Juli 2019 - 06:12 WIB
Jaga Kesehatan Hewan, FKH UB Lakukan Sensus dan Pemeriksaan
Tim dari fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Brawijaya (UB) Malang, mengadakan sensus ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan di Kabupaten Malang. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) Malang, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat "Program Sensus Ternak dan Pemeriksaan Hewan".

Kegiatan tersebut, digelar di Balai Desa Gading Kulon Kabupaten Malang, dengan memeriksa sebanyak 449 ternak milik warga, untuk memastikan ternak tidak terinfeksi penyakit.

Jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada ternak di Desa Gading Kulon, antara lain pemberian obat cacing, pemberian vitamin, pemberian kemoterapeutika, dan pemberian antispetik pada luka.

Sedangkan program sensus bertujuan, mengetahui gambaran total ternak di sana sama halnya seperti sensuk penduduk Indonesia. Kepala Desa Gading Kulon, Wahyu Eddi Prihanto berharap kegiatan tersebut terus berlangsung, mengingat di wilayahnya tidak ada dokter hewan.

Dekan FKH UB Malang, Sudarminto Setyo Yuwono juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini seharusnya dapat terus berjalan, karena lokasi Desa Gading Kulon, dengan FKH UB yang terbilang cukup dekat, sehingga dapat menjadi desa binaan FKH UB.

Ketua panitia sensus dan pemeriksaan kesehatan hewan FKH UB Malang, Analis Wisnu Wardhana menyebutkan, tim dibagi dalam 17 kelompok yang bekerja disetiap RT di Desa Gading Kulon, untuk melakukan sensus ternak dan mendata ternak yang sakit.

"Pada hari selanjutnya, hewan ternak yang didata mengalami sakit langsung dilakukan pengobatan," ujarnya.

Selain sensus ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan, juga dilakukan beberapa kegiatan diantaranya transfer ilmu kesehatan veteriner pada masyarakat, pertemuan mahasiswa dengan karangtaruna, kerja bakti di lingkungan Desa Gading Kulon, lomba untuk anak-anak, dan juga pemeriksaan gigi gratis oleh FKG UB.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4707 seconds (0.1#10.140)