Jakarta Punya MRT, Surabaya Siap Bangun Subway

Rabu, 31 Juli 2019 - 14:12 WIB
Jakarta Punya MRT, Surabaya Siap Bangun Subway
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana meninjau pemeriksaan Kesehatan Mata, di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Rabu (31/7/2019). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) mulai mempersiapkan moda transportasi massal. Salah satunya dengan mempersiapkan moda transportasi Subway yang menyambungkan (baca: interkoneksi) zona wilayah perekonomian di kota pahlawan ini.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, saat ditemui seusai menghadiri agenda Pemeriksaan Kesehatan Mata 6.000 Pelajar Se-Surabaya, di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Rabu (31/7/2019).

Politisi PDIP ini mengatakan, moda transportasi bawah tanah ini mulai dipikirkan dan dipersiapkan sejak sekarang, sehingga keberadaannya tidak sama dengan pengembangan MRT yang sudah ada di Jakarta.

"Jakarta memang sudah memulai namun melihat kondisi penataannya sudah terlambat. Nah, Surabaya jangan sampai seperti itu," kata dia.

Whisnu menjelaskan, moda transportasi Subway tersebut didukung dengan Feeder Terminal.
Ide dari wakil wali kota ini merancang Subway sebagai infrastruktur yang membangun interkoneksi ekonomi antara Surabaya barat, timur dan pusat.

Namun, kata Whisnu, Subway tidak akan meninggalkan moda angkutan umum maupun angkutan online yang sudah eksis.

Angkutan umum dan online nantinya bisa mengambil penumpang dari perumahan dan perkampungan menuju terminal Subway. "Itu bisa dibiayai APBD sehingga gratis bagi warga," kata pria yang biasa disapa WS ini.

Pembiayaan angkutan umum seperti angkot, ojek online maupun Taksol akan dihitung per kilometer. "Tidak merugikan juga keberadaan MRT," kata mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya.

Politisi yang kini duduk di DPD PDIP Jatim ini mengatakan, persiapan tersebut akan dikoordinasikan lebih awal dengan legislatif di DPRD Surabaya.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6711 seconds (0.1#10.140)