Susuri Kota Pahlawan, 6.005 Pelari Ramaikan Surabaya Marathon

Rabu, 31 Juli 2019 - 21:35 WIB
Susuri Kota Pahlawan, 6.005 Pelari Ramaikan Surabaya Marathon
Surabaya Marathon yang dilaksanakan tahun 2018 dihadiri ribuan pelari dari berbagai kota dan negara. Foto/Dok.Ist.
A A A
SURABAYA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jatim, bersama Pemkot Surabaya, kembali akan menggelar Surabaya Marathon 2019, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan berskala internasional, yang digelar setiap tahun ini, bakal diikuti 6.005 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia maupun mancanegara. Mereka akan mengikuti perlombaan dengan melintas di sepanjang ikon Kota Pahlawan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim, Sutandi Purnomosidi menuturkan, peserta Surabaya Marathon ini tiap tahunnya mengalami kenaikan yang drastis.

"Surabaya marathon ini adalah city marathon. Jadi melewati ikon bersejarah dan wisata di tengah kota sehingga ini yang paling ditunggu-tunggu peserta," kata Sutandi ketika ditemui di Kantor Bagian Humas, Rabu (31/7/2019).

Ia melanjutkan, peserta Surabaya Marathon ini dari awal digelar hingga sekarang terus meningkat. Saat awal digelar peserta mencapai 3000 orang, tahun kedua 4400 orang dan tahun ini sudah mencapai 6005 peserta. Terlebih, tahun ini peserta datang dari 130 kabupaten dan kota di Indonesia.

"Kita berharap tahun ini akan lebih baik, tentunya dengan seluruh dukungan jajaran, baik dari Pemkot Surabaya, Polrestabes Surabaya, dan Korem 084 Bhaskara Jaya," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Pemkot Surabaya telah menyiapkan 1.200 personil, baik dari jajaran Satpol PP, Linmas, maupun petugas kesehatan. Para petugas tersebut akan mengawal semua rute yang dilalui para peserta. Bahkan, Pemkot Surabaya akan menyiapkan 11 unit ambulans saat kegiatant tersebut berlangsung.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Tunjung Iswandaru menyampaikan, untuk penertiban dan pengaturan arus lalu lintas, pihaknya akan mengerahkan 211 personil. Para personil itu akan mengatur kelancaran arus lalu lintas dan melakukan pemasangan alat bantu, seperti tutup barier dan traffic cone.

"Untuk persiapan yang dilakukan pemasangan alat bantu arah, akan kita lakukan pada malam hari. Kita juga koordinasi dengan pengelolah parkir di TP (Tunjungan Plaza) sejak malam sudah bisa menampung peserta Surabaya Marathon ini," kata Tunjung.

Adapun rute yang akan dilintasi para peserta untuk kategori 5K, yaitu Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – Jalan Praban - Jalan Tunjungan Siola - Jalan Gubenur Suryo - Puter di Bambu Runcing – Masuk Pnglima Sudirman - Masuk Ke Karapan Sapi - Basuki Rahmad - Finish.

Kemudian untuk rute 10K, dimulai dari Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – menuju Bubutan – Jalan Pahlawan- puter Kebun Rojo – Jalan Tunjungan – Gubenur Suryo – Walikota Mustajab – Monkasel – Bambu Runcing – Panglima Sudirman – Karapan Sapi – Basuki Rahmad - dan finish di Embong Malang.

Berikutnya untuk half marathon, yakni Jalan Embong Malang – Blauran – Praban – Tunjungan – Gubenur Suryo – Walikota Mustajab – Pemuda – Panglima Sudirman – Raya Darmo – mengarah k Jembatan Mayangkara – puter bali Margorejo – Royal Plaza – Jembatan Mayangkara – Raya Darmo – Diponegoro – Ciliwung – Adityawarman – Mayjend Sungkono – puter balik Ciputra World – Jalan Indra Giri – Dr Soetomo – keluar di Raya Darmo – Urip Sumoharjo – Basuki Rahmad – Embong Malang finish.

Terakhir untuk Full Marathon, yakni Jalan Embong Malang - Kebun Rojo - Tugu Pahlawan – melewati Jalan Tunjungan – Belok Walikota Mustajab – Balai Kota – Gubeng Pojok – Bilition – Sulawesi – Puter Bali Kertajaya – perempatan pertama puter balik menuju Jalan Sulawesi – Gubeng – Monkasel – Pemuda – Pnglima Sudirman - Raya Darmo - Mayangkara – terus di Graha Pangeran puter Balik – Mayangkara – Ciliwung – Adityawarman – Underpass HR Muhammad – puter balik Kantor Kecamatan Praja – Indra Giri – DR Soetomo – Raya Darmo – Basra – Finish.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4574 seconds (0.1#10.140)