Isu Jual Beli Suara di Konferwil, Ansor Kota Blitar Minta Maaf

Kamis, 01 Agustus 2019 - 12:20 WIB
Isu Jual Beli Suara di Konferwil, Ansor Kota Blitar Minta Maaf
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Blitar, meminta maaf terkait isu jual beli suara di Konfrensi Wilayah (Konferwil) GP Ansor XIV Jatim. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU Kota Blitar, Hartono meminta maaf terkait isu dugaan jual beli suara dalam Konfrensi Wilayah (Konferwil) GP Ansor XIV Jatim.

Hartono menarik ucapannya. Isu adanya negosiasi uang dalam proses akreditasi peserta konferwil oleh caretaker selaku panitia, ditegaskannya tidak benar.

"Setelah saya cros chek, isu adanya permintaan uang oleh tim caretaker untuk proses akreditasi tidak benar. Karenanya saya meminta maaf," ujar Hartono kepada Sindonews.com Kamis (1/8/2019).

Isu adanya dugaan jual beli suara muncul ditengah proses Konferwil GP Ansor Jatim di Ponpes Sabilulrosyad Gasek, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Minggu (28/7/2019).

Kabar tidak sedap itu beredar ditengah puluhan pimpinan cabang (PC) dan ratusan anak cabang (PAC) yang tidak mendapat hak suara dalam pemilihan Ketua GP Ansor Jatim baru.

Hartono selaku Ketua GP Ansor Kota Blitar, juga sebagai salah satu PC yang kehilangan hak suara. Selain itu Kabupaten Trenggalek, Pasuruan, dan Kabupaten Kediri.

Di tengah rasa kecewa karena merasa dipermainkan, mewakili PC dan PAC yang kehilangan suara, Hartono mengatakan diduga ada permainan uang dalam proses akreditasi peserta. Mereka yang bersedia membayar akan diloloskan sebagai peserta konferwil. Diduga hal itu untuk memenangkan kandidat tertentu.

Hartono mengaku khilaf dan ceroboh karena menelan mentah mentah informasi yang didengarnya. Harusnya dia lebih dulu memastikan kebenaran informasi yang diterimanya. Setelah melakukan cross chek, Hartono memastikan apa yang dia sampaikan sebelumnya (jual beli suara) tidak benar.

Karenanya atas nama pribadi sekaligus pimpinan GP Ansor Kota Blitar dirinya meminta maaf. "Mohon maaf sedalam-dalamnya kepada Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas, dan seluruh jajaran pengurus PP, khususnya Tim Cartaker dan Tim Akreditasi," katanya.

Seperti diketahui dalam Konferwil GP Ansor NU XIV Jatim, Syafiq Sauqi atau Gus Syafiq terpilih sebagai Ketua PW GP Ansor Jatim, untuk masa bakti 2019-2023. Perolehan suara Gus Syafiq yang juga Ketua GP Ansor Tuban itu mengalahkan dua orang pesaingnya, yakni Ahmad Ghufron Sirodj, dan Abid Umar Faruq atau Gus Abid.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6292 seconds (0.1#10.140)