Dongkrak Perekonomian, Indonesia Bisa Contoh Vietnam

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 09:28 WIB
Dongkrak Perekonomian, Indonesia Bisa Contoh Vietnam
Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi mengatakan Indonesia bisa mencontoh Vietnam untuk menggenjot perekonomian. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesia bisa mencontoh Vietnam untuk mendongkrak perekonomian. Saat ini, Vietnam menjadi negara paling agresif dalam peningkatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Pertumbuhan ekonomi Vietnam pada trimester awal 2019 mencapai angka 6,76% sedangkan Indonesia baru mencapai angka 5,07%. Selain itu, total investasi asing di Vietnam mencapai angka USD19 miliar.

"Indonesia sangat mampu untuk menyamai agresifitas Vietnam dalam bidang ekonomi," kata Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, saat konferensi pers melalui sambungan video pada Kamis (1/8/2019).

"Kalau memang baik, ya ditiru saja. Sederhananya seperti itu. Nanti tinggal kita sesuaikan dengan kepentingan di kita (Indonesia). Kalau negara lain bisa lebih maju, kita ikuti saja praktiknya dan kebijakannya," kata dia.

Dia mengatakan, satu contoh agresifnya Vietnam adalah negara itu berani mencari perjanjian dagang bebas (FTA) dengan negara-negara asing. Terbaru, Vietnam menandatangani FTA dengan Uni Eropa.

Menurut dia, beberapa faktor yang membuat Vietnam menjadi primadona saat ini adalah mereka sudah memiliki infrastuktut yang baik. "Selain itu, upah buruh di Vietnam terbilang rendah, bilang dibandingkan dengan Indonesia," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)