Ketua MPR Ajak PAKIN Optimis di Tahun Politik

Selasa, 11 September 2018 - 15:55 WIB
Ketua MPR Ajak PAKIN Optimis di Tahun Politik
Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan agar masyarakat memilih pemimpin yang benar-benar mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan sebagai warga negara yang bertanggungjawab, diharap masyarakat tidak pesimistis dan masa bodoh dalam menggunakan hak politiknya.

Didorong masyarakat memilih pemimpin yang benar-benar mencerminkan nilai-nilai Pancasila. "Tidak bertanggungjawab kalau kita tidak mau tahu urusan politik," ujarnya saat memberi sambutan dalam acara Kongres I Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN), di Jakarta, Selasa (11/9/2018).

Dikatakan oleh Zulkifli Hasan, bangsa ini didirikan oleh kaum muda terdidik. Disebut kaum muda terdidik itu mulai bergerak dari tahun 1908, 1928, dan 1945. Dipaparkan tahun 1945 pendiri bangsa sudah membicangkan dasar-dasar negara. "Mereka berasal dari berbagai golongan dan asal-usul," ujarnya.

Pada masa itu menurut Zulkifli Hasan para pendiri bangsa sudah berbicara demokrasi, kesetaraan, dan keadilan. Apa yang dipikirkan itu tercermin dalam nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Jadi kalau kita mempermasalahkan perbedaan dan asal-usul berarti kita kembali ke masa lalu," ungkapnya.

Dia menambahkan di antara warga negara sudah pasti ada yang beda suku dan agama. "Namun kita satu saudara dalam kebangsaan," tuturnya. Jadi, bangsa ini bukan milik satu golongan. Dalam perbedaan inilah diharap penguasa adil dalam hukum. Kalau hukum tak adil pasti akan memunculkan aksi reaksi.

Untuk itu dirinya menegaskan kekuasaan yang ada harus melayani masyarakat secara adil. "Tak boleh ada masyarakat yang kelaparan," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6584 seconds (0.1#10.140)