Satu Warga Tewas, Polres Blitar Selidiki Dugaan Keracunan Massal

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 19:53 WIB
Satu Warga Tewas, Polres Blitar Selidiki Dugaan Keracunan Massal
Ilustrasi keracunan makan. Foto/SINDObatam/Dok
A A A
BLITAR - Aparat Polres Blitar Kota menyelidiki kematian Sudarsono (64) warga Jalan Kurma Gang 3, Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar.

Sudarsono meninggal dunia saat puluhan orang di lingkungannya diduga mengalami keracunan massal. Apalagi sebelum tewas korban juga mengeluh pusing, mual, muntah dan diare.

"Kami masih melakukan penyelidikan," kata Kapolsek Kepanjen Kidul Kota Blitar Kompol Agus Fauzi kepada wartawan Sabtu (3/8/2019).

Sudarsono sempat dirawat di rumah sakit Mardi Waluyo Kota Blitar. Namun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Pada saat bersamaan 30 warga mengalami gejala keracunan usai menyantap hidangan nasi rawon hajatan 100 hari kematian suami Yuliani, warga setempat.

Peristiwa itu berlangsung Kamis malam (1/8/2019). Dari 40 undangan yang hadir, 30 di antaranya, yakni dengan dua diantaranya anak anak, mengalami gejala keracunan.

Menurut Agus Fauzi, pihaknya belum bisa memastikan apakah gejala yang dialami korban Sudarsono sebelum meninggal terkait dengan nasi rawon hajatan. Sebab dari keterangan keluarga, kata Fauzi Sudarsono memiliki riwayat mengidap sakit maag.

"Menurut keterangan keluarga korban (Sudarsono) memiliki riwayat sakit maag dan sudah berobat. Mungkin saja dikaitkan," kata dia.

Dalam kasus ini polisi masih menunggu hasil visum. Sementara para korban keracunan massal kondisinya sudah membaik. Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar Didik Jumianto mengatakan sudah mengambil sampel makanan yang dikonsumsi warga.

Contoh makanan itu berupa sisa nasi rawon dan muntahan korban. Sebagian besar warga yang diduga keracunan mengalami dehidrasi. "Kami sudah mengirim sampel ke laboratorium kesehatan untuk uji lab. Kami tunggu hasilnya," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9609 seconds (0.1#10.140)